Pemko Padang Panjang MoU dengan The University of Arizona dan Sampoerna University

Padang Panjang | Topsumbar – Pemerintah Kota Padang Panjang menyepakati Memorandum of Understanding (MoU) dengan The University of Arizona Amerika Serikat dan Sampoerna University.

MoU ditandatangani Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano dengan pihak The University of Arizona Amerika Serikat dan Sampoerna University, Sabtu (18/6) waktu setempat atau Ahad (19/6) dinihari waktu Indonesia.

Melansir laman Diskominfo Padang Panjang, Senin (21/6), disebutkan MoU bertujuan untuk menyamakan persepsi dan pengertian kerja sama di bidang peningkatan kualitas pendidikan di Kota Padang Panjang.

Bacaan Lainnya

Rinciannya, pengiriman mahasiswa Sampoerna University yang berasal dari Kota Padang Panjang untuk program Summer 2022 di The University of Arizona, Amerika Serikat, peningkatan kualitas akademis mahasiswa dan peningkatan pengetahuan di bidang budaya dan bahasa.

Wako Fadly menyampaikan, kerja sama tersebut merupakan bentuk komitmen Pemko terhadap pendidikan anak-anak Padang Panjang.

Dirinya berharap mahasiswa asal Kota Padang Panjang itu dapat memaksimalkan waktu dan kesempatan selama di Amerika. “Harapannya mahasiswa ini dapat memaksimalkan waktunya. Menggali ilmu dan pengalaman, serta dapat bersosialisasi dengan sesama mahasiswa di Arizona,” ujarnya.

Usai melaksanakan Memorandum of Understanding (MoU), Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano menyempatkan diri untuk campus tour dan bertemu mahasiswa asal Padang Panjang di kampus University of Arizona, USA.

Dalam pertemuannya, Wako Fadly menyemangati mereka untuk serius menjalankan Summer Program ini.

“Tetap semangat dan eksplorasi seluas-luasnya ilmu pengetahuan, pengalaman dan hubungan dengan banyak orang selama menimba ilmu di kampus ini,” ajak Fadly.

Dikatakannya, sebagai mahasiswa Sampoerna University yang mendapat beasiswa atas kerja sama dengan Pemko Padang Panjang, pihaknya tidak akan mengikat para mahasiswa ini seusai menjalani studinya masing-masing. Mereka akan mendapatkan dual degree (dua gelar kesarjanaan-red) dari program pendidikan di dua universitas ini.

“Silahkan kembangkan potensi diri setelah menamatkan studi nantinya. Bisa saja menempuh pendidikan pascasarjana di dalam maupun di luar negeri, atau bekerja di bidang yang diminati masing-masing. Kami mendukung sepenuhnya pilihan adik-adik untuk maju dan mengharumkan nama kota kita,” ujarnya.

Kendati begitu, Fadly juga meminta 11 mahasiswa ini untuk menjadi panutan bagi adik-adik di Padang Panjang yang juga berkeinginan untuk menggapai prestasi seperti mereka. Belajar, berprestasi dan mampu menggali potensi diri.

“Apa yang telah dicapai hari ini dan masa depan, adalah usaha adik-adik semua. Pemko hanya memfasilitasi agar dunia pendidikan kita, anak-anak didik kita, warga Padang Panjang kita mampu meraih cita-cita terbaik,” ucap Fadly yang turut didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Drs. Ali Thabrani, M.Pd dalam pertemuan itu.

Fadly juga memotivasi mereka untuk dapat menginformasikan kegiatannya selama belajar di kampus ini melalui media sosial. Dengan begitu, ini akan mendorong pelajar-pelajar Kota Padang Panjang untuk dapat mengikuti jejak mereka.

Atas penyampaian Fadly itu, para mahasiswa ini mengucapkan terima kasih atas perhatian besar Pemko terhadap mereka. “Terima kasih Pak Wali, kami makin bersemangat untuk belajar dan menggapai impian kami,” ujar Farhan Furqan mewakili teman-temannya.

Adapun 11 mahasiswa Padang Panjang yang mengikuti perkuliahan di University of Arizona ini di antaranya Aulia Zikrullah, Rusyda Hamidah, Fadhly Novrianda, Loly Adinda Putri, Mutia Rahmi, Atikah Rahmi, Putri Aditya, Frisca Octaviyana, Nurul Ikhwana Ardhi, Farhan Furqan dan Rahmat Berliano Jeyhan.

Mereka adalah mahasiswa tahun ajaran 2019/2020 yang menjalani kuliah di Sampoerna University, Jakarta setelah lulus seleksi beasiswa Pemko Padang Panjang.

(AL/Red)

Pos terkait