Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Sijunjung · 4 Jun 2022 15:18 WIB ·

Keltan Sopan Botuong Panen Padi Organik


 Keltan Sopan Botuong Panen Padi Organik Perbesar

Sijunjung | Topsumbar – Kelompok tani (Keltan) Sopan Botuong melakukan panen padi sawah organik pada lahan sawah milik Keltan di Nagari Muaro Bodi, Kecamatan IV Nagari pada Sabtu (4/6).

“Kita tidak menggunakan pupuk kimia dan tidak memakai pestisida di Keltan Sopan Botuong” demikian disampaikan Keltan Sopan Botuong Dahnil.

“Ada berbagai varietas yang digunakan petani, ada Sambutan ada juga Putri Minang” demikian Dahnil menambahkan.

“Hasil panen padi organik ini diutamakan untuk konsumsi, kemudian ada juga yang dijual” tambah Dahnil.

Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan IV Nagari yang melakukan pengambilan ubinan swakarsa mendapatkan berat ubinan sebesar 4,7 kilogram.

Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa produktivitas padi sawah organik di Keltan Sopan Botuong adalah 7,52 ton per hektar GKP.

“Ada dua peer kita bersama mengenai padi organik di Keltan Sopan Botuong, pertama pengurusan sertifikasi dari Otoritas Kompeten Ketahanan Pangan Daerah (OKKPD), kedua yakni memfasilitasi kemitraan antara Keltan dengan dunia usaha katakanlah pasar atau konsumen langsung” demikian diungkapkan Koordinator BPP Kecamatan IV Nagari Adpi Gunawan, SST.

Padi organik mampu menjaga ekosistem tanah, memperbaiki struktur tanah, menyehatkan tubuh, serta memberikan nilai tambah, demikian Adpi Gunawan, SST mengungkapkan.

Selama ini petani yang melakukan penjualan padi sawah organik masih dalam wujud Gabah Kering Panen (GKP) dengan harga yang sama persis dengan padi sawah tidak organik, ini tentu sangat merugikan.

“Kita harapkan kerjasama berbagai pihak agar kedepannya Keltan Sopan Botuong bisa menghasilkan produk beras organik, disamping menyehatkan juga mensejahterakan karena Adanya Nilai Tambah Produk (Anitapro)” ungkap Adpi Gunawan, SST dihadapan Keltan Sopan Botuong saat pengambilan ubinan hari ini.

(Gun).

Hits: 5

Artikel ini telah dibaca 31 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Museum ASM Dikunjungi BPP Kecamatan IV Nagari

6 Oktober 2022 - 19:48 WIB

Kamabicab Bersama Kakwarcab 0303 Sijunjung Hadiri Hari Pramuka Ke-61

1 Oktober 2022 - 19:18 WIB

Harga Cabai Merah Turun Drastis

29 September 2022 - 21:18 WIB

FPP Kabupaten Sijunjung Lakukan Monitoring Ke Nagari Timbulun

29 September 2022 - 14:01 WIB

Forikan Sijunjung Juara 2 Tingkat Propinsi Sumbar

28 September 2022 - 16:14 WIB

Kolaborasi UIN Mahmud Yunus Batusangkar dengan Geopark Ranah Minang Silokek

27 September 2022 - 21:33 WIB

Trending di Sijunjung