Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Payakumbuh · 1 Jun 2022 19:09 WIB ·

Ikut Upacara Hari Lahir Pancasila, Sekda Rida Anada: Mari Jadikan Hari Ini Momentum Untuk Mengembalikan Spirit Kebangsaan Berdasarkan Pancasila


 Ikut Upacara Hari Lahir Pancasila, Sekda Rida Anada: Mari Jadikan Hari Ini Momentum Untuk Mengembalikan Spirit Kebangsaan Berdasarkan Pancasila Perbesar

Payakumbuh – Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh bersama unsur Forkopimda Kota Payakumbuh beserta seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022 secara virtual di Aula Ngalau Indah Balai Kota Payakumbuh, Rabu (01/06).

Pelaksanaan upacara tersebut dipimpin langsung oleh inspektur upacara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari Lapangan Pancasila, Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan merupakan upacara yang pertama kali dilaksanakan di luar Gedung Pancasila, Jakarta.

Dalam amanatnya Jokowi mengingatkan bahwa Pancasila harus betul-betul diamalkan dan diperjuangkan. Menurutnya, Pancasila harus diwujudkan dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan Indonesia.

“Kita implementasikan dalam tata kelola pemerintahan dan juga menjiwai interaksi antar sesama anak bangsa. Inilah tugas kita bersama, tugas seluruh komponen bangsa menjadikan Pancasila sebagai ideologi,” ucapnya.

Kemudian, Jokowi menyinggung soal bangsa Indonesia sedang menghadapi situasi dunia yang bergejolak. Mulai dari pandemi COVID-19, krisis energi dan pangan serta ancaman kemiskinan ekstrem dan kelaparan dan juga perang di Ukraina.

Jokowi menyebut sebagai pemegang mandat Presidensi G20, Indonesia mengajak seluruh negara maju di dunia bergotong-royong menciptakan umat manusia yang lebih baik, membangun sistem kesehatan, berupa mampu menghadapi krisis di masa depan dengan tata kelola dunia yang lebih sehat, lebih damai dan lebih berprikemanusiaan dan lebih berprikeadilan.

“Terakhir saya mengajak seluruh pemimpin bangsa, terutama para pejabat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik serta para pemimpin lainnya untuk menjadi teladan, menjadi contoh dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila, mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju, mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan,” ujarnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda mengajak seluruh masyarakat untuk terus membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Mari bersama-sama kita membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat. Pancasila bukan hanya telah mempersatukan kita semua, Pancasila juga telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian,” ucapnya.

“Selamat Hari Lahir Pancasila, mari jadikan ini sebagai momentum untuk mengembalikan spirit kebangsaan dan kenegaraan berdasarkan Pancasila,” pungkasnya.

(Ton)

Hits: 1

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Efek Kenaikan BBM, Pemko Payakumbuh Helat Rapat Evalusi TPID

28 September 2022 - 22:02 WIB

Innalilllahi, Mantan Wawako Payakumbuh Suwandel Muchtar, Dipanggil Sang Khaliq

28 September 2022 - 16:50 WIB

Wakili Sumatra Barat, SSB Kota Biru Dilepas Pj. Walikota Payakumbuh Berangkat ke Malang

28 September 2022 - 05:43 WIB

Hari Pertama Masuk Kerja, Pj. Wako Rida Ananda Minta ASN Bekerja Berorintasi Hasil

26 September 2022 - 19:58 WIB

Apel Pagi, Dafrul Pasi Ditunjuk Sebagai Plt. Sekda, Ini Pesan Wako Rida Ananda

26 September 2022 - 19:55 WIB

Gubernur Lantik Rida Ananda Sebagai Pj. Walikota Payakumbuh

23 September 2022 - 19:18 WIB

Trending di Payakumbuh