Hadapi Era Revolusi Industri 4.0, Disdikbud Agam Gelar Pelatihan Bahasa Inggris Berbasis Digital MyEnglishStep.com

Agam | Topsumbar – Menghadapi era revolusi industri 4.0 oleh
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Agam direspons dengan menggelar pelatihan Bahasa Inggris berbasis Digital, MyEnglishStep.com.

Pelatihan yang diikuti guru mata pelajaran Bahasa Inggris tingkat SMP se-Kabupaten Agam itu berlangsung tanggal 23-26 Juni 2022 di Hotel Sakura Syariah, Lubuk Basung dan dibuka oleh Bupati Agam, Dr Andri Warman, MM.

Melansir siaran pers Diskominfo Agam, Selasa (28/6), pelatihan tersebut terlaksana berkat kerja sama dengan Desimasi Program Studi Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta (UNJ) sebagai program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang menjadi bahagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Bacaan Lainnya

Tim PKM UNJ dipimpin oleh Prof Dr Ilza Mayuni, MA dengan anggota: Tara Mustikaning Palupi,M.Hum, Imas Wahyu Agustina, MPd., serta beberapa mahasiswa UNJ.

Bupati Agam Andri Warman dalam sambutannya, mengatakan untuk menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 dan e-learning 5.0, kompetensi Bahasa Inggris wajib dimiliki oleh semua pembelajar untuk mengikuti perkembangan dunia.

Sebab, kata Bupati, Bahasa Inggris yang menjadi bahasa pengantar telah dijadikan sebagai bahasa umum di dunia pendidikan.

“Sudah menjadi kewajiban seorang guru untuk memberikan segala informasi dan edukasi dalam rangka meningkatkan kemampuan akademik kepada siswa,” kata Bupati Agam.

Bupati Agam juga menyatakan bahwa penguasaan Bahasa Inggris merupakan salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten Agam untuk meningkatkan SDM.

“Kiranya Guru Bahasa Inggris dapat memaksimalkan keterlibatannya dalam pelatihan ini sekaligus mengimplementasikan keterampilan digital yang diperoleh dalam kegiatan pembelajaran di kelas,” harap Bupati Agam.

Ketua Tim PKM UNJ, Prof Dr Ilza Mayuni, MA dalam sambutannya menyampaikan Kurikulum Merdeka mempersyaratkan hadirnya guru dengan kompetensi yang mumpuni untuk memfasilitasi siswa dengan literasi abad-21.

“Guru pengampu mata pelajaran bahasa Inggris di SMP tidak hanya harus menguasai literasi bahasa Inggris tetapi juga harus mampu mengajarkannya dengan memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran” ujar Prof Ilza Mayuni.

Sementara itu, Kepala Dinas Dikbud Agam, Drs Isra, M.Pd , mengatakan pelatihan Bahasa Inggris berbasis Digital MyEnglishStep.com ini dapat mendorong guru bahasa Inggris SMP untuk terus mengembangkan profesinya dengan keterampilan yang diperlukan guna merespons tuntutan Kurikulum Merdeka.

Tim PKM UNJ pun berkomitmen untuk melaksanakan program pendampingan berkelanjutan selama 3 tahun ke depan.

Selain pelatihan tatap muka, tim PKM UNJ juga siap memfasilitasi MGMP Bahasa Inggris SMP untuk menyelenggarakan lokakarya berseri secara daring dalam rangka pengembangan profesi guru di Kabupaten Agam.

(AL)

Pos terkait