Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Lintas Riau · 26 Jun 2022 20:41 WIB ·

Dua Bulan Terbentuk BPBD Kuansing Langsung Gelar Latihan Dasar Untuk Personil


 Dua Bulan Terbentuk BPBD Kuansing Langsung Gelar Latihan Dasar Untuk Personil Perbesar

Kuansing- Baru dua bulan berdiri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) langsung gelar latihan dasar (Latsar) untuk personil. Latsar BPBD Kuansing ini dibuka langsung oleh Bupati Kuansing, Suhardiman Amby, Minggu (26/06/2022) di Desa Perhentian Sungkai, Kecamatan Pucuk Rantau.

Dalam Sambutannya, Plt Bupati Bupati Suhardiman Amby kepada peserta untuk bersungguh sungguh dalam menjalankan dan menyelesaikan latihan dasar tersebut, supaya setiap anggota BPBD kuansing dapat dengan sigap dan tanggap dalam melakukan penyelamatan serta pengurangan resiko pada saat terjadinya bencana di Kuansing ini.

“Saya menginginkan personil BPBD yang sehat, kuat dan cepat tanggap, karna tugas dan peran BPBD sangat besar untuk menjaga masyarakat dari kemungkinan resiko terburuk ketika terjadinya bencana,” tegasnya sembari membuka latihan dasar BPBD secara resmi.

Usai buka secara resmi oleh Plt Bupati Suhardiman Amby, Latsar BPBD langsung dimulai dengan memberikan pembekalan materi terkait teknis dan penanganan dalam penanggulangan bencana. Pembekalan materi langsung diberikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan BPBD Riau Jim Gapur, AP,. MSi

Usai memberikan materi, Gapur, AP,. MSi saat dikonfirmasi mengatakan, setiap bencana tidak bisa prediksi, dan pasti terjadi, apalagi di kuansing ini merupakan daerah yang berpotensi banjir, kebakaran hutan, dan bencana lainnya sehingga sangat diperlukan adanya BPBD di Kabupaten Kuansing ini.

“Kita sangat mengapresiasi Pemkab dan BPBD Kuansing ini, baru terbentuk mereka langsung action dan langsung diadakan pendidikan latihan dasarnya. Karena ini penting, yang pertama latihan dasar ini merupakan suatu penguatan kapasitas bagi anggota BPBD, karena mereka semua baru dan mereka harus di kenalkan dengan materi dasar hingga praktek, sehingga pada saatnya mereka tidak canggung dalam melaksanakan tugasnya,” tuturnya

Dengan terbentuknya BPBD kuansing dan kesiapan personilnya saat ini, lanjut Gapur, akan sangat membantu kerja BPBD provinsi riau , karena yang punya wilayah ini merupakan BPBD kabupaten Kota. Dengan kemajuan BPPBD Kuansing sangat cepat dengan perekrutan tenaga tenaga operasional di lapangan.

Tidak hanya itu, pembentukan pos pos juga di perlukan mengingat wilayah kabupaten Kuansing yang sangat luas, karena BPBD ini memiliki tiga fungsi, yakni fungsi komando, kordinator dan pelaksana.

Fungsi komando yang dimaksud disini yakni, kepala BPBD dapat mengkomandoi berbagai instansi yang dapat diberdayakan personilnya. Karena untuk penanggulangan bencana ini bukan hanya di BPBD, karna jika hanya di BPBD untuk penanggulangan bencana tidak akan sanggup dan perlu merangkul semua elemen.

“Dengan terbentuknya BPBD di Kuansing ini akan sangat membantu BPBD Riau dalam penanganan bencana, dengan begitu juga dapat mengurangi resiko terjadinya bencana di kabupaten ini, Dan BPBD perlu berkolaborasi dengan instansi lain serta masyarakat,” jelasnya

Sementara itu untuk peralatan di BPBD sendiri jelasnya, setiap BPBD yang baru terbentuk di kabupaten kota itu akan diberikan bantuan oleh BNPB pusat berupa peralatan.

“Peralatan dasar ini berupa mobil operasional, operasional motor, tenda pengungsian dan peralatan lain, selain itu kami dari Provinsi juga memperkuat itu dengan memberikan bantuan, mungkin berupa mesin pompa air untuk pemadaman kebakaran yang akan kami distribusikan ke BPPB Kuantan Singingi ini,” jelasnya

Senada dengan Jim Gapur, Kalaksa BPBD Kuansing H. Yulizar M, S.Sos,. M.Si didampingi Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kuansing Edison Tuindra, S.Pd,. M.Si, mengatakan, dengan baru terbentuknya BPBD ini, pihaknya belum bisa melakukan banyak hal.

“BPBD ini baru terbentuk, untuk saat ini belum banyak hal yang bisa kami lakukan, yang jelas pada prinsipnya apa yang bisa kami lakukan akan kami lakukan. Untuk kami sudah berupaya mengajukan pengusulan peralatan peralatan ke BNPB pusat melalu wakil rakyat Riau yang ada di DPR RI,” jelasnya

Untuk itu, dengan terbentuknya BPBD ini Ia berharap kepada masyarakat Kuansing untuk dapat dapat memberikan dukungan atau support dengan memberikan informasi terkait bencana bencana di kabupaten kuantan Singingi ini.

“Karna tanpa dukungan masyarakat BPBD kuansing tidak akan bisa bekerja maksimal,” pungkas Kalaksa BPBD Kuansing H Yulizar M, S. Sos. M. Si.

(Yos)

Hits: 43

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Pemdes Sumber Jaya Salurkan BLT DD Tahap III

4 Oktober 2022 - 14:26 WIB

Aktivitas PETI di Wilayah Aliran Sungai Kuantan Desa Pulau Kalimanting Resahkan Masyarakat

1 Oktober 2022 - 17:59 WIB

Polda Riau Musnahkan 243 Kg Sabu dan 405.527 Butir Ekstasi dari Jaringan Narkoba Internasional

29 September 2022 - 17:21 WIB

Bupati Kuansing Suhardiman Inginkan Kerjasama Antar Lembaga Dalam Peningkatan Penanggulangan Bencana

28 September 2022 - 18:25 WIB

DPRD Inhil Melalui Komisi IV Minta RSUD Puri Husada Tembilahan Perbaiki Mutu Pelayanan

27 September 2022 - 21:34 WIB

Lepas Jama’ah Umrah, Wabup Inhil H.Syamsuddin Uti Titip Do’a

27 September 2022 - 14:44 WIB

Trending di Lintas Riau