Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Padang Panjang · 13 Jun 2022 17:56 WIB ·

DPK Lakukan Pengawasan Arsip Dinas Kominfo


 DPK Lakukan Pengawasan Arsip Dinas Kominfo Perbesar

Padang Panjang | Topsumbar – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) lakukan monitoring hasil pengawasan kearsipan internal di Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Senin (13/6).

Kepala Bidang Kearsipan DPK, Elfita Yeni, S.Pd menyebutkan, audit pengawasan kearsipan tingkat organisasi perangkat daerah (OPD) merupakan kegiatan rutin yang dilakukan pihaknya. Bertujuan mendorong OPD untuk menyelenggarakan kearsipan sesuai dengan prinsip, kaidah, serta standar kearsipan dengan mengacu kepada peraturan kearsipan guna mewujudkan tertib arsip dan penyelamatan arsip statis di lingkungan Pemko.

“Monitoring ini menggunakan instrumen pengawasan berupa Formulir Audit Sistem Kearsipan Internal (ASKI). Tujuan yang terpenting, menjaga arsip itu dengan baik. Karena arsip merupakan memori penting dalam sebuah dokumen,” tuturnya.

Diungkapkannya, berdasarkan hasil Laporan Audit Kearsipan Eksternal (LAKE) 2021 lalu yang dilaksanakan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) pada hasil pengawasan kearsipan pada pemerintah kabupaten/kota, menempatkan Kota Padang Panjang berada pada urutan ke-33 nasional dengan kategori B (baik) dari 508 kabupaten/kota se-Indonesia.

“Sementara untuk kabupaten/kota se-Sumatra Barat, Kota Padang Panjang berada di urutan ketiga. Untuk meningkatkannya, kita perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin. Di mana nantinya nilai audit tidak hanya ditentukan dari lembaga kearsipan, tapi juga OPD sebagai unit pengolah. Oleh karena itu, kita harus melakukan audit kearsipan internal terlebih dahulu. Supaya pengelolaan kearsipan ini dapat berjalan baik sesuai dengan peraturan yang berlaku,” ungkapnya.

(AL)

Hits: 4

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Wako Fadly Lantik Kabid Sapras Disporapar Padang Panjang, Syahrinal E Gantikan Agung SP

23 September 2022 - 17:22 WIB

SMP Hikmah Melaju Ke Babak Final Lomba Cerdas Qur’an Padang TV

22 September 2022 - 10:09 WIB

Tertibkan Personil, Si Propam Polres Padang Panjang Gelar Gaktibplin

21 September 2022 - 20:00 WIB

Jalin Sinergitas, Rupajang MoU Dengan Polres Padang Panjang

21 September 2022 - 13:36 WIB

Pansel Pastikan Proses Seleksi KI Berjalan Sesuai Aturan

19 September 2022 - 13:38 WIB

Gempa Tektonik M3, 5 Dirasakan di Bukittinggi

18 September 2022 - 17:03 WIB

Trending di Padang Panjang