Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Kabupaten Solok · 30 Jun 2022 08:05 WIB ·

Bupati Solok Resmikan Rumah Restorative Justice Bersama Kejati Sumbar


 Bupati Solok Resmikan Rumah Restorative Justice Bersama Kejati Sumbar Perbesar

Kabupaten Solok | Topsumbar,- Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Barat Yusron, bersama Bupati Solok Epyardi Asda meresmikan rumah Restoratie Justice serta penandatangan berita acara penghibahan tanah untuk pembangunan kantor kejaksaan di Kabupaten Solok. Bertempat di Gedung Promosi Kabupaten Solok, Rabu (29/06).

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat, Yusron, SH, MH, beserta jajaran, Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda, Dt. Sutan Majo Lelo, M. Mar, Kepala Kejaksaan Negeri Solok, Feni Nila Sari, SH, MH beserta jajaran, Forkopimda, Sekretaris Daerah Kabupaten Solok, Medison, S. Sos, M. Si, Para Asisten dan Staf Ahli Bupati Solok, Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Solok, Camat dan Walinagari se Kabupaten Solok, Pimpinan BUMD dan BUMD di Kabupaten Solok, serta Tamu undangan Lainnya.

Bupati Solok Epyardi Asda mengucapkan
Selamat datang kepada Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Barat beserta jajaran di kabupaten solok.

“Pemkab Solok beserta Forkopimda di Kabupaten Solok ini bekerja sama dengan baik dalam menjalankan masing-masing tupoksi yang bertujuan dapat melakukan sesuatu untuk Kabupaten Solok.

Beliau menyebutkan peresmian rumah rundiangan ini juga dilakukan di 74 nagari yang ada di Kabupaten Solok secara virtual.

Bupati berharap masyarakat yang tidak mengerti terhadap aturan rumah Restoratif Justice ini bisa menjadi solusi yang terbaik diantara yang bersengketa.

“Alhamdulillah juga Kabupaten Solok merupakan daerah ke tiga yang telah diresmikan bapak kejati yang memiliki rumah restorative justice di Sumatera Barat. “Ucap Bupati.

Selain itu, Bupati Solok juga telah menyiapkan tanah hibah untuk pembangunan kantor kejaksaan di Kabupaten Solok sesuai dengan surat permohonan tahun 2017 oleh kejari bahwa Kejaksaan Negeri Solok ingin mempunyai kantor di Kabupaten Solok.

“Dengan adanya kantor kejaksaan di Kabupaten Solok mudah-mudahan akan terjalin kerja sama yang baik di masing-masing sektor. “Sebut Bupati

Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat Yusron di Solok, Rabu mengatakan dalam rangka mengefektifkan proses penegakan hukum dengan memperhatikan asas pradilan cepat, maka dibentuk rumah Restoratif Justice oleh setiap satuan kerja tingkat kejaksaan negeri dan cabang kejaksaan negeri di seluruh Indonesia.

Kejati mengharapkan rumah Restoratif Justice ini dapat menjadi rumah bagi aparat penegak hukum untuk mengaktualisasikan budaya luhur bangsa Indonesia, yaitu musyawarah untuk mufakat. “Sebut Kejati

“Beliau juga mengapresiasi hubungan baik anatara pemerintah daerah Kabupaten Solok dengan Kejaksaan Negeri Solok.

Selain dikenal sebagai daerah penghasil beras, Kabupaten Solok juga memiliki berbagai potensi di bidang lainnya. Dengan berbagai potensi yang dimiliki tentunya tidak terlepas dari permasalahan yang ada.

Dengan dibentuknya rumah Restoratif Justice ini diharapkan bisa menjadi sarana sosialisasi dan implementasi program penyelesaian perkara melalui jalur musyawarah dan mufakat. “Ucap Kejati

Kepala Kejaksaan Negeri Solok Feni Nila Sari juga mengatakan peresmian rumah Restoratif Justice ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kejaksaan Negeri dalam rangka menindak lanjuti perintah Jaksa Agung RI.

“Diharapkan dengan adanya Rumah Restorative Justice ini bisa meminimalkan perkara yang nantinya akan dilimpahkan ke pengadilan bahkan sampai ke Lembaga Pemasyarakatan. “Kata Kejari.

Selain itu, ia mengatakan dengan adanya rumah Restoratif Justice ini perkara pidana yang dilakukan akan diselesaikan di luar pengadilan atau secara dialog.

“Pada kesempatan ini kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Solok Epyardi Asda yang telah memfasilitasi terbentuknya rumah Restoratif Justice ini. “Ucap Kejari Solok.
(By)

Hits: 84

Artikel ini telah dibaca 59 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Bupati Solok Temu Ramah dengan Masyarakat Nagari Koto Laweh

4 Oktober 2022 - 19:45 WIB

Nagari Supayang Diteror Inyiak Balang

4 Oktober 2022 - 10:58 WIB

Bupati Epyardi Asda Launching Excavator Serta Peresmian Program BSPS dan Program P3TGAI di Nagari Sungai Abu

3 Oktober 2022 - 19:25 WIB

Taruna Siaga Bencana (Tagana) Dinas Sosial Kabupaten Solok membuka Dapur Umum di Nagari Koto Sani

3 Oktober 2022 - 11:08 WIB

Bencana Banjir dan Longsor Menerpa Solok, Akibat Tingginya Curah Hujan

2 Oktober 2022 - 19:32 WIB

Peringatan HUT Ikatan Bidan Indonesia Cabang Kabupaten Solok ke – 71

28 September 2022 - 16:03 WIB

Trending di Kabupaten Solok