Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Pesisir Selatan · 12 Jun 2022 17:38 WIB ·

Bupati Pessel Gandeng Ninik Mamak Tegakkan Perda Keamanan dan Ketertiban Umum


 Bupati Pessel Gandeng Ninik Mamak Tegakkan Perda Keamanan dan Ketertiban Umum Perbesar

Pesisir Selatan | Topsumbar – Bupati Pesisir Selatan, Drs. Rusma Yul Anwar, M.Pd menghadiri acara pelantikan 3 (tiga) orang penghulu di Kantor Kerapatan Adat Nagari, Pasar Baru Bayang, Minggu (12/06/2022).

Turut hadir dalam acara pengukuhan penghulu, Camat Bayang, Masri, S.Pd, Ketua KAN Pasar Baru, Alkisman, S.IP. DT. Bagindo Rajo, Wali Nagari se-Kec. Bayang, pemuka masyarakat dan undangan lainnya.

Tiga orang penghulu yang di lantik, masing-masing Yordan, Dt. Rajo Johan didaulat sebagai Penghulu Kaum Suku Jambak, di Kampung Lubuk Anau, DR. H. Risnaldi Ibrahim, S.Ag.,M.M.,M.H DT. Batuah didaulat sebagai Penghulu Kaum Suku Caniago di Kampung Ambacang, Ramdhani DT. Bandaro Sati didaulat sebagai Penghulu Suku Jambak di Kampung Gurun Lawas.

Setelah dikukuhkannya penghulu kaum oleh Ketua KAN Pasar Baru, dalam sambutannya, Ketua KAN mengucapkan terima kasih kepada Bupati yang telah meluangkan waktunya hadir pada acara tersebut.

“Suatu kehormatan bagi kami, Bapak Bupati dapat menghadiri acara pengukuhan penghulu di Kecamatan Bayang ini, semoga Bapak sehat dan selalu didalam lindunganNya,” ujar Alkisman.

Pada kesempatan itu, Bupati juga mengucapkan terima kasih telah diundang dalam acara adat tersebut. Bupati juga mengajak Ninik mamak, alim ulama dan bundo kandung mengambil peran dalam penegakkan Perda No. I Tahun 2016 tentang Keamanan dan Ketertiban Umum.

Bupati menyampaikan kecemasan dan kegelisahan tentang pemerosotan akhlak generasi muda sekarang, yang sudah bergeser nilai nilai adat karena pengaruh kemajuan teknologi. Ditekankan Bupati, bahwa ini adalah tanggung jawab kita bersama sebagai orang tua.

“Ayo kita rangkul anak anak kita, kemenakan kita, adik adik kita, agar mereka tetap menjaga adat istiadat, budaya, menaruh rasa hormat kepada yang lebih tua, dan berakhlak,” tutup Bupati. (Re)

Hits: 3

Artikel ini telah dibaca 27 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Kapolres Pessel, Minta Anggota Responsif Tindak Lanjuti Laporan Masyarakat

22 September 2022 - 17:30 WIB

Fraksi DPRD Pessel Sampaikan Pandangan Umum tentang Perubahan APBD TA 2022

21 September 2022 - 19:47 WIB

WNA Asal Iran berujung di Ektaradisi. Kedua Pihak Berakhir berdamaian

21 September 2022 - 11:17 WIB

Kapolres Pessel AKBP Novianto Taryono: BBM di Polsek Lengayang untuk Operasional Kendaraan

19 September 2022 - 21:57 WIB

Kasi Intel : Berkas Operasi Tangkap Tangan Menunggu perbaikan Berkas dari penyidik Tipikor Pessel

13 September 2022 - 10:14 WIB

Kasus dugaan Tindak Pidana Korupsi Masih dalam proses penuhi petunjuk Jaksa Penuntut Umum

12 September 2022 - 13:09 WIB

Trending di Pesisir Selatan