Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Dharmasraya · 2 Jun 2022 22:12 WIB ·

Bupati Dharmasraya Jawab Pandangan Umum Fraksi DPRD, Tiga Ranperda Segera Dibahas


 Bupati Dharmasraya Jawab Pandangan Umum Fraksi DPRD, Tiga Ranperda Segera Dibahas Perbesar

Dharmasraya | Topsumbar – DPRD Kabupaten Dharmasraya menggelar rapat paripurna dalam rangka penyampaian jawaban bupati atas pandangan umum fraksi DPRD Dharmasraya dan tiga rancangan peraturan daerah (ranperda) di ruang sidang Sekretariat DPRD setempat, Kamis (02/06/2022).

Bupati Dharmasraya diwakili Sekretaris Daerah, Adlisman menyampaikan jawaban Bupati Dharmasraya terhadap pandangan umum fraksi-fraksi DPRD dan tiga Ranperda di depan pimpinan dan seluruh anggota sidang yang terhormat. Dimana pelaksanaan anggaran tahun 2021 merupakan salah satu indikator kinerja dalam pencapaian keberhasilan pembangunan daerah.

Sementara terkait dengan kebijakan anggaran yang dilaksanakan merupakan hasil penggalian potensi yang diperoleh melalui berbagai wahana seperti kunjungan lapangan, Musrenbang tingkat nagari sampai kabupaten, kajian teknokrasi dan berbagai pemangku kepentingan maupun penyesuaian dengan prioritas pembangunan provinsi ataupun nasional.

Selain itu dalam menghadapi dinamika baru pasca pandemi Covid-19 kebijakan anggaran fokus diarahkan untuk pemulihan ekonomi masyarakat baik terkait infrastruktur yang mendukung kegiatan ekonomi secara langsung maupun dalam bentuk permodalan yang akan menjadi daya ungkit untuk berusaha dan melakukan kegiatan yang sebelumnya mengalami kendala.

Adanya bantuan yang disalurkan melalui pokok-pokok pikiran DPR-RI melalui surat dari Kementerian PUPR yang ditujukan kepada Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera III sebanyak 200 usulan calon penerima bantuan dengan 75 usulan berada di Nagari Sungai Dareh. Mengenai pernyataan di atas Sekda mengatakan adanya kesalahpahaman terkait data usulan calon penerima bantuan yang dikeluarkan oleh kementerian PUPR dengan data usulan Wali Nagari Sungai Dareh terhadap bantuan tersebut. Sekda juga menyikapi hal tersebut telah dilakukan upaya penyelesaian dengan Wali Nagari Sungai Dareh.

Menjawab kekosongan jabatan Wakil Bupati Dharmasraya, pihak Pemerintah Kabupaten Dharmasraya akan pertimbangkan sesuai dengan mekanisme yang telah ditentukan.

Berikut tiga Ranperda yang segera dibahas DPRD Dharmasraya yakni;
1. Rancangan Peraturan Daerah tentang perubahan atas peraturan daerah nomor 06 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah.
2. Rancangan Peraturan Daerah tentang fasilitasi pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika
3. Rancangan Peraturan Daerah tentang pengelolaan sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Di akhir kata, Sekda Adlisman menyampaikan akan segera melakukan evaluasi terkait adanya tanggapan, pertanyaan, dan saran anggota dewan dan akan disampaikan pada rapat-rapat selanjutnya.

(Yanti)

Hits: 4

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya Hadiri Acara Pembukaan Masa Penerimaan Anggota Baru PMII Ke-II Universitas Dharmas Indonesia

25 September 2022 - 21:51 WIB

Hendak Mengisi BBM di SPBU Seorang Wanita Berbonceng Dua Anak Kecil Tertabrak Kenderaan Truck Box Di Sungai Rumbai

25 September 2022 - 17:41 WIB

Nekad Ambil Jalur Lawan Dump Truck Tronton Hino Tabrak Pesepeda Motor Di Gunung Medan

25 September 2022 - 17:34 WIB

Dua Nama Maju di Pilwana Sungai Kambut, Asrial Amri Siap Menangkan Suara Terbanyak

24 September 2022 - 09:46 WIB

Wujud Kepedulian Polri, Polres Dharmasraya Giat Bagikan Paket Sembako Bagi Masyarakat Ekonomi Rendah

23 September 2022 - 15:48 WIB

6 Fraksi DPRD Kritisi Nota Keuangan Walikota Terhadap Ranperda APBD-P TA 2022 dan Ranperda Pengelolaan Keuangan Daerah

22 September 2022 - 18:36 WIB

Trending di Parlemen