Bersinergi, TNI-Polri Bedah Rumah Warga di Gunung Tuleh Pasbar

SIMPANG AMPEK | TOP SUMBAR–Personil TNI-Polri bersama masyarakat dan unsur Forkopimca Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, melaksanakan kegiatan bedah rumah sebagai rangkaian HUT Bhayangkara ke-76, Rabu (29/06).

Kepala Polisi Resor (Kapolres) Pasaman Barat, AKBP M Aries Purwanto SIK MM, didampingi Kabag Sumda Polres setempat, Kompol Muzhendra dan Kapolsek Gunung Tuleh, IPTU Deswandi SH, mengatakan kegiatan tersebut masih merupakan rangkaian peringatan hari jadi institusi kepolisian pada 2022.

“Pada kegiatan kali ini kami bersinergi dengan anggota TNI dari Koramil/06 Ujung Gading bersama unsur pemerintahan nagari dan masyarakat, untuk membedah rumah milik warga tidak mampu yang berada di Jorong Sudirman Nagari Muaro Kiawai, ” ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, sesuai perintah komando atas setiap individu aparat negara khususnya petugas polisi di daerah dituntut selalu membangun tali asih dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

“Hal itu juga merupakan bagian dari giat pembinaan dan bentuk kehadiran institusi Polri ditengah-tengah masyarakat sebagai fungsinya memelihara kondusifitas Kamtibmas dan fungsi meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selalu taat hukum dan perundang-undangan yang berlaku, ” ulasnya.

Pada kesempatan itu, ia mengapresiasi upaya maksimal yang sudah ditunjukkan setiap personil TNI-Polri yang telah bersedia mengorbankan waktu dan tenaga untuk ikut bergotong royong membangun rumah warga sasaran.

“Semoga apa yang sudah dilakukan ini dapat diterima dengan ikhlas oleh penerima manfaat dan dicatatkan sebagai amal baik di sisi-Nya, ” ucap Aries Purwanto.

Sementara itu, Kabag Sumda Polres Pasaman Barat, Kompol Muzhendra, menambahkan untuk pembiayaan kegiatan kali ini berasal dari sumbangan sukarela dari personil TNI-Polri dibantu sejumlah pihak yang peduli untuk berbagi terhadap sesama.

“Pada kegiatan kali ini diterjunkan sebanyak 20 orang personil gabungan dari TNI-Polri dan dibantu oleh unsur pemerintah terdepan bersama masyarakat sekitar, ” jelasnya.

Ia berharap, bantuan yang diberikan tersebut dapat sedikit meringankan beban penerima manfaat sekaligus menjadi pemenuhan harapan untuk bisa memiliki rumah yang layak huni.

Selain itu, lanjutnya, kegiatan yang dilaksanakan tersebut diharapkan dapat menjadi pendorong bagi semua pihak untuk menyisihkan sebagian rezeki serta berbagi terhadap sesama.

Senada, Kapolsek Gunung Tuleh, IPTU Deswandi SH, mengucapkan terimakasih kepada seluruh unsur Forkopimda setempat, yang telah turut membantu menyukseskan rangkaian peringatan HUT Bhayangkara ke-76.

“Melalui kegiatan ini diharapkan bisa semakin mempererat hubungan silaturahmi baik antara unsur pemerintahan di tingkat kecamatan maupun dengan masyarakat, karena sejatinya kita sebagai aparat negara berfungsi untuk memberikan pelayanan melalui pengabdian terbaik sebagai sesama anak bangsa,” sebutnya.

Terpisah, Kepala Jorong Sudirman, Ade, menerangkan untuk target bedah rumah kali ini diarahkan kepada salah seorang warga atas nama Etek Dama (53), seorang penderita gangguan mental.

“Kondisinya itu menyebabkan ia tidak mampu memenuhi sendiri kebutuhan hidupnya dan selama ini mengandalkan bantuan dari tetangga dan keluarganya,” tutupnya.

(Rully Firmansyah)

Pos terkait