Wujudkan Ketahanan Pangan, Kodim 0309/Solok Lakukan P3MP

Kota Solok | Topsumbar – Untuk membantu Pemerintah Kota Solok dalam mewujudkan ketahanan pangan, Kodim 0309/Solok terus intens melaksanakan Program Pemberdayaan Prajurit Dan Masyarakat Produktif (P3MP), sesuai dengan arahan Komando Atas (Kotas), Jum’at (13/5/2022).

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan Kodim 0309/Solok diantaranya, budidaya ikan, penanaman padi dan sayuran dengan metode hidroganik, serta budidaya sayuran yang dikembangkan dengan melibatkan Persit KCK Cabang LXIII Kodim 0309/Solok sebagai upaya dalam program mewujudkan ketahanan pangan khususnya di bidang pertanian.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Personil Kodim 0309/Solok yang dipimpin oleh Batiops Lat Pelda Hasriyendi, dengan menghijaukan lahan Markas Kodim setempat di Kelurahan VI Suku, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok, Sumatera Barat, dengan beranuka ragam tanaman sayuran (palawija).

Bacaan Lainnya

Secara terpisah, Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0309/Solok Kapten Inf P. Simanjorang mengatakan bahwa Program demplot ketahanan pangan Kodim 0309/Solok ini merupakan program Komandan Korem 032 Wirabraja Brigjend TNI Purmanto, melalui Komandan Kodim 0309/Solok Letkol Arm Hendrik Setiawan, SE, sebagai bentuk pemberdayaan prajurit dan masyarakat produktif.

Lebih lanjut diterangkan Pasiter, program demplot ketahanan pangan penanaman sayuran hidroganik ini telah dimulai beberapa minggu yang lalu dengan mengembangkan sayuran hidroganik, budidaya sayuran dari menanam bibit, memelihara (perawatan), hingga memanennya.

“Ada beberapa jenis tanaman sayuran secara hidroganik yang dibudidayakan, diantaranya terong, cabai, brokoli, kangkung, sawi, dan lainnya, ” terang Kapten Inf P. Simanjorang.

Dia berharap, kegiatan ini dapat memberikan edukasi kepada seluruh anggota Kodim maupun Persit hingga masyarakat, untuk tetap produktif di tengah pandemi Covid-19 sehingga dapat membantu pemerintah dalam program penguatan ketahanan pangan.

(gra)

Pos terkait