SMP Negeri 1 Painan Gelar Sosialisasi Pembelajaran Paradigma Baru

Pesisir Selatan | Topsumbar – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Painan, Kabupaten Pesisir Selatan menggelar Sosialisasi Pembelajaran Paradigma Baru Tahun 2022 di aula sekolah setempat, Senin (23/5).

Sosialisasi yang bertemakan “Melalui Kurikulum Merdeka, Kita Wujudkan Pelajar Berprofil Pancasila” itu dibuka oleh Bupati Pesisir Selatan diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Salim Muhaimin. Dalam sambutannya Salim mengatakan, dengan paradigma baru siswa dituntut punya kemampuan literasi, karakter dan kolaborasi. Sementera itu guru diharapkan pula mampu menggali potensi yang ada dalam diri siswa.

“SMP Negeri 1 Painan sebagai sekolah penggerak juga harus punya kelebihan dan kesungguhannya dalam melihat siswa secara utuh dan menyeluruh. Kami mengapresiasi langkah SMP Negeri 1 Painan yang menggelar Sosialisasi Pembelajaran Paradigma Baru tersebut. Semoga kegiatan itu dapat memacu peningkatan kualitas pendidikan ke depannya,” harapnya.

Bacaan Lainnya

Sementara itu dalam pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi ketika peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2022 mengatakan, Kurikulum Merdeka, yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi, terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran.

Kini, Kurikulum Merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Itu berarti bahwa ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan.

Semua perubahan positif yang diusung bersama ini tidak hanya dirasakan oleh para orang tua, guru, dan murid di Indonesia, tetapi sudah digaungkan sampai ke negara-negara lain melalui presidensi Indonesia di konferensi tingkat tinggi G20.

Dalam kesempatan itu Salim juga menyampaikan kepada seluruh insan pendidikan di Kabupaten Pesisir Selatan bahwa diperlukan tindakan nyata peningkatan kualitas pendidikan untuk mewujudkan visi dan misi kelima Pemkab Pesisir Selatan tahun 2021-2026 yaitu mewujudkan pendidikan yang berkualitas untuk menghasilkan sumber daya manusia yang beriman, kreatif dan berdaya saing.

Sementara Kepala SMP Negeri 1 Painan, Linda Astuti mengatakan, kegiatan Sosialisasi Pembelajaran Paradigma Baru yang digelar tersebut bertemakan “Melalui Kurikulum Merdeka, Kita Wujudkan Pelajar Berprofil Pancasila”.

“Kita berharap pelajar SMP Negeri 1 Painan menjadi pelajar yang memegang teguh falsafah Pancasila dan nilai-nilai kearifan lokal. Pelajar yang merdeka sepanjang hayat dan pelajar yang mampu menyongsong masa depan. Kemudian melahirkan siswa yang beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia yang mempunyai daya saing untuk masa depannya,” ucap linda Astuti.

(RD)

Pos terkait