Plt Bupati Kuansing Buka Event Budaya Pesona Festival Perahu Begandung

Plt Bupati Kuantan Singingi Drs H Suhardiman Amby Ak MM, membuka Event Budaya Pesona Festival Perahu Begandung di Kecamatan Kuantan Mudik tepatnya di arena budaya topian muko muaro lobuah Banjar Padang Lubuk jambi, Sabtu (07/05/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh Plt Bupati Kuansing, Setda kuansing H Dedi Sambudi, Wakil Ketua I dan II DPRD Kabupaten Kuansing, Kadis Pariwisata dan beberapa Kepala Opd Kab Kuansing Camat Kuantan Mudik, Pemangku adat Lubuk Jambi.

Kadis Pariwisata Drs H Azhar MM dalam sambutannya menyampaikan prosesi perahu bergandung adalah merupakan adat dari kenegrian Lubuk Jambi, kita patut berbangga, telah masuk anugrah pesona Indonesia untuk kategori atraksi budaya, untuk tahun ini Anggaran 39 juta, walaupun belum maksimal nanti kita anggarkan lebih besar lagi untuk tahun berikutnya,

Bacaan Lainnya

“Alhamduliliah, tahun ini kita bisa menyelenggarakan event wisata pesona perahu begandung, sudah 2 tahun kita tidak menggelar dikarenkan pandemi covid 19. untuk tahun 2022 inilah puncak kita melakukan kegiatan perahu begandung.” kata Kadis Pariwisata Drs H Azhar MM dalam sambutannya.

Sementara itu Plt Bupati Kuantan Singingi Drs H Suhardiman Amby Ak MM dalam sambutan pembukaan perahu Begandung mengatakan bahwa nantinya event Perahu begandung juga di selaraskan dengan seni budaya lain sehingga nanti kegiatan bisa dilaksanakan beberapa hari bukan acara kegiatan perahu begandung saja

“Nanti event Perahu begandung kita selaraskan dengan seni budaya lain seperti begasing, dan seni budaya lainnya, dan acara kita laksanakan selama 3 hari disitu juga ada acara budaya seni pada malam hari, ” ucap Plt Bupati Kuansing Drs H Suhardiman Amby Ak. MM.

Terakhir Plt Bupati Suhardiman Amby mengharapkan kedepanya Event pesona perahu bergandung akan lebih meriah lagi dan kita sambung dengan pacu jalur dan malamnya dilakuakan seni budaya

“Kita berharap kedepannya Even wisata Pesona perahu begandung akan lebih meriah lagi, dan kita sambung dengan Pacu Jalur dan malamnya ada acara seni budaya, ” pungkas Plt Bupati Kuansing Drs H Suhardiman Ambi Ak.MM.

(Yos)

Pos terkait