Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Solok · 28 Mei 2022 00:40 WIB ·

Pemko Solok Gelar Simulasi Evakuasi Bencana Gempa Bumi


 Pemko Solok Gelar Simulasi Evakuasi Bencana Gempa Bumi Perbesar

Kota Solok | Topsumbar – Dalam menyambut Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Nasional 2022, Pemerintah Kota Solok melakukan kegiatan simulasi penanganan pasca kejadian bencana gempa bumi di kompleks perkantoran Balai Kota Solok, Jumat (27/5) pagi.

Kegiatan ini melibatkan stakeholders kebencanaan seperti Personil BPBD, Damkar, Dinkes, Dishub, Satpol PP, TNI, Polri, PMI, Tagana, Pramuka, WMI, ORARI, RAPI, IOF dan lainnya.

Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional 2022 mengusung tema ‘Keluarga Tangguh Bencana Pilar Bangsa Menghadapi Bencana’. Pesan utama yang dibawa adalah “Siap untuk Selamat”, artinya masyarakat siap untuk selamat dan petugas penyelamat siap untuk menyelamatkan.

Ratusan insan kebencanaan Kota Solok tampak sibuk melakukan penyelamatan dan evakuasi terhadap korban yang berjatuhan untuk segera ditangani secara darurat di dalam tenda posko masing-masing yang baru saja didirikan dalam waktu singkat itu.

Suasana juga terlihat semakin mencekam dengan adanya kobaran api, reruntuhan bangunan dan raungan sirene ambulance, pemadam kebakaran dan mobil rescue di lokasi kegiatan simulasi.

Di balik terlaksananya kegiatan ini, BNPB telah menginisiasikan Hari Kesiapsiagaan Bencana sejak tahun 2017 dengan tujuan untuk mengajak semua pihak meluangkan waktu satu hari untuk melakukan latihan kesiapsiagaan secara serentak.

Sebab itu, dengan adanya Hari Kesiapsiagaan Bencana diharapkan dapat membudayakan latihan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan, guna meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat menuju masyarakat tangguh bencana atau masyarakat yang aman dari bencana.

(gra)

Hits: 1

Artikel ini telah dibaca 40 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Rang Solok Baralek Gadang 2022 Berakhir, Gubernur Mahyeldi: Tahun Depan Harus Lebih Meriah Lagi

25 September 2022 - 11:56 WIB

25 September 2022 - 11:50 WIB

Event Rang Solok Baralek Gadang Hadirkan Permainan Anak Nagari

23 September 2022 - 12:13 WIB

Semarak Pembukaan Event Rang Solok Baralek Gadang

22 September 2022 - 12:09 WIB

Awali Rangkaian Rang Solok Baralek Gadang, 400 Peserta Kelompok Tani Ikuti Prosesi Batulak Bala

22 September 2022 - 12:02 WIB

Ayo ke Solok, Semarak Rang Solok Baralek Gadang 2022 Dimulai

22 September 2022 - 10:05 WIB

Trending di Solok