Pemko Solok Gelar Simulasi Evakuasi Bencana Gempa Bumi

Kota Solok | Topsumbar – Dalam menyambut Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Nasional 2022, Pemerintah Kota Solok melakukan kegiatan simulasi penanganan pasca kejadian bencana gempa bumi di kompleks perkantoran Balai Kota Solok, Jumat (27/5) pagi.

Kegiatan ini melibatkan stakeholders kebencanaan seperti Personil BPBD, Damkar, Dinkes, Dishub, Satpol PP, TNI, Polri, PMI, Tagana, Pramuka, WMI, ORARI, RAPI, IOF dan lainnya.

Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional 2022 mengusung tema ‘Keluarga Tangguh Bencana Pilar Bangsa Menghadapi Bencana’. Pesan utama yang dibawa adalah “Siap untuk Selamat”, artinya masyarakat siap untuk selamat dan petugas penyelamat siap untuk menyelamatkan.

Bacaan Lainnya

Ratusan insan kebencanaan Kota Solok tampak sibuk melakukan penyelamatan dan evakuasi terhadap korban yang berjatuhan untuk segera ditangani secara darurat di dalam tenda posko masing-masing yang baru saja didirikan dalam waktu singkat itu.

Suasana juga terlihat semakin mencekam dengan adanya kobaran api, reruntuhan bangunan dan raungan sirene ambulance, pemadam kebakaran dan mobil rescue di lokasi kegiatan simulasi.

Di balik terlaksananya kegiatan ini, BNPB telah menginisiasikan Hari Kesiapsiagaan Bencana sejak tahun 2017 dengan tujuan untuk mengajak semua pihak meluangkan waktu satu hari untuk melakukan latihan kesiapsiagaan secara serentak.

Sebab itu, dengan adanya Hari Kesiapsiagaan Bencana diharapkan dapat membudayakan latihan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan, guna meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat menuju masyarakat tangguh bencana atau masyarakat yang aman dari bencana.

(gra)

Pos terkait