Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Solok · 26 Mei 2022 10:06 WIB ·

Pemko Solok Akan Bangun Ulang Masjid Syura Pandan


 Pemko Solok Akan Bangun Ulang Masjid Syura Pandan Perbesar

Kota Solok | Topsumbar – Pemerintah Kota Solok berencana membangun kembali Masjid Besar Syura Pandan pada tahun 2023 mendatang dengan memanfaatkan dana APBD Kota Solok. Hal itu bertujuan agar masyarakat merasa nyaman dalam beribadah, serta menjadikan masjid sebagai sarana membangun perekonomian umat.

“Saat ini tengah dipersiapkan perencanaannya hingga pembangunan fisiknya,” kata Wakil Wali Kota Ramadhani Kirana Putra usai shalat Magrib berjamaah di Masjid Syura Pandan, didampingi Kepala Dinas PUPR, Afrizal, M.Eng dan Ketua Baznas Kota Solok, H. Zaini. Kamis (26/5/2022).

Wawako Ramadhani mengungkapkan, Pemko Solok menyadari besarnya peran dan fungsi masjid sebagai pusat pembinaan umat. Selain Masjid Syura Pandan, tahun depan Pemko Solok juga akan membangun tiga masjid lainnya, sebagaimana program membangun 4 masjid dalam setahun.

Kadis PUPR Afrizal menambahkan, pembangunan Masjid Syura ini rencananya nanti akan dibangun dalam waktu 6 bulan.
“Desain Masjid akan disesuaikan dengan masukan dari jamaah, kami sangat berharap dukungan penuh dari pengurus, jamaah dan masyarakat Pandan,” tuturnya.

Pada tahun 2016, Masjid Syura yang beralamat di Kelurahan Pasar Pandan Air Mati Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok, pernah mewakili Kota Solok dalam penilaian Mesjid Besar di tingkat Provinsi, setelah ditetapkan menjadi peringkat pertama dalam penilaian masjid besar di Kota Solok.

Masjid Syura juga tercatat meraih prestasi sebagai peringkat 5 di tingkat Provinsi dalam penilaian Masjid Agung. Masjid yang ideal tentunya tidak hanya dijadikan sebagai tempat shalat lima waktu semata. Namun hendaknya peran masjid lebih dari itu yaitu sebagai pusat pembinaan umat dan itulah yang dilaksanakan Masjid Syura dengan mengadakan berbagai kegiatan pembinaan umat.

(gra)

Hits: 1

Artikel ini telah dibaca 26 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Rang Solok Baralek Gadang 2022 Berakhir, Gubernur Mahyeldi: Tahun Depan Harus Lebih Meriah Lagi

25 September 2022 - 11:56 WIB

25 September 2022 - 11:50 WIB

Event Rang Solok Baralek Gadang Hadirkan Permainan Anak Nagari

23 September 2022 - 12:13 WIB

Semarak Pembukaan Event Rang Solok Baralek Gadang

22 September 2022 - 12:09 WIB

Awali Rangkaian Rang Solok Baralek Gadang, 400 Peserta Kelompok Tani Ikuti Prosesi Batulak Bala

22 September 2022 - 12:02 WIB

Ayo ke Solok, Semarak Rang Solok Baralek Gadang 2022 Dimulai

22 September 2022 - 10:05 WIB

Trending di Solok