Pemko Solok Akan Bangun Ulang Masjid Syura Pandan

Kota Solok | Topsumbar – Pemerintah Kota Solok berencana membangun kembali Masjid Besar Syura Pandan pada tahun 2023 mendatang dengan memanfaatkan dana APBD Kota Solok. Hal itu bertujuan agar masyarakat merasa nyaman dalam beribadah, serta menjadikan masjid sebagai sarana membangun perekonomian umat.

“Saat ini tengah dipersiapkan perencanaannya hingga pembangunan fisiknya,” kata Wakil Wali Kota Ramadhani Kirana Putra usai shalat Magrib berjamaah di Masjid Syura Pandan, didampingi Kepala Dinas PUPR, Afrizal, M.Eng dan Ketua Baznas Kota Solok, H. Zaini. Kamis (26/5/2022).

Wawako Ramadhani mengungkapkan, Pemko Solok menyadari besarnya peran dan fungsi masjid sebagai pusat pembinaan umat. Selain Masjid Syura Pandan, tahun depan Pemko Solok juga akan membangun tiga masjid lainnya, sebagaimana program membangun 4 masjid dalam setahun.

Bacaan Lainnya

Kadis PUPR Afrizal menambahkan, pembangunan Masjid Syura ini rencananya nanti akan dibangun dalam waktu 6 bulan.
“Desain Masjid akan disesuaikan dengan masukan dari jamaah, kami sangat berharap dukungan penuh dari pengurus, jamaah dan masyarakat Pandan,” tuturnya.

Pada tahun 2016, Masjid Syura yang beralamat di Kelurahan Pasar Pandan Air Mati Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok, pernah mewakili Kota Solok dalam penilaian Mesjid Besar di tingkat Provinsi, setelah ditetapkan menjadi peringkat pertama dalam penilaian masjid besar di Kota Solok.

Masjid Syura juga tercatat meraih prestasi sebagai peringkat 5 di tingkat Provinsi dalam penilaian Masjid Agung. Masjid yang ideal tentunya tidak hanya dijadikan sebagai tempat shalat lima waktu semata. Namun hendaknya peran masjid lebih dari itu yaitu sebagai pusat pembinaan umat dan itulah yang dilaksanakan Masjid Syura dengan mengadakan berbagai kegiatan pembinaan umat.

(gra)

Pos terkait