Pemilihan Duta Baca Sumbar Dimulai

Sijunjung │ Topsumbar – Pemilihan Duta Baca Sumatera Barat 2022-2025 segera dimulai, pendaftarannya dibuka hingga tanggal 31 Mei 2022, demikian informasi dari Kepala Dinas Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi Kabupaten Sijunjung Drs. Darlias yang disampaikan kepada topsumbar.co.id pada Selasa (17/5).

Adapun tema yang diusung pada pemilihan Duta Baca Sumbar kali ini adalah “Peran Duta Baca Dalam Membangkitkan Budaya Literasi Demi Terciptanya Millenial Enterpreneurs”.

Kegiatan Duta Baca Indonesia adalah salah satu model program kampanye promosi kegemaran membaca terhadap masyarakat Indonesia yang dikembangkan Perpustakaan Nasional RI, demikian Kepala Dinas Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi Kabupaten Sijunjung Drs. Darlias melanjutkan.

Bacaan Lainnya

Mengenai persyaratan menjadi Duta Baca Sumbar antara lain yaitu Warga Negara Indonesia yang berdomisili di provinsi Sumatera Barat, merupakan public figure dan/atau role model dalam kegiatan pembudayaan kegemaran membaca di daerahnya masing-masing, Usia antara 18-35 tahun, Memiliki profesi yang dipilih/dikembangkan melalui proses kegemaran membaca, serta Memiliki kesenangan membaca buku atau sumber bacaan.

Kemudian persyaratan lainnya untuk menjadi Duta Baca Sumbar ini adalah Mempunyai perpustakaan keluarga dan/atau berperan aktif dalam pemanfaatan dan pengembangan perpustakaan, serta aktif melakukan kegiatan yang bernuansa menumbuhkembangkan budaya gemar membaca masyarakat di masing-masing daerahnya, dan Merupakan tokoh di lingkungan komunitasnya atau seseorang yang punya pengaruh atau
dikagumi masyarakat, serta diterima diberbagai segmen dan strata masyarakat.
Sebagai salah satu indikator untuk menjadi Duta Baca Sumbar yakni minimal memiliki fans atau pengagum dalam komunitas, Friends/followers yang mereka punya/tunjukkan di media sosial (facebook,twitter, instagram, google+, path, atau sistem sejenis lainnya), dan/atau dokumen/bukti lain yang nyata dapat dipertanggung jawabkan, kemudian Sehat jasmani dan rohani, tidak terkena pengaruh narkoba memiliki sikap
komunikatif, kreatif, dinamis dan patut diteladani.

Dan yang tak kalah pentingnya yaitu memiliki pemahaman bahwa membaca dan/atau menulis sebagai dasar mendukung untuk memiliki pengetahuan dan ketrampilan seseorang dalam mencapai kesuksesan hidup, Memiliki kebiasaan membaca buku (buku pengayaan) minimal 2 x 15 menit setiap hari atau 20 halaman atau 2 (dua) judul buku per bulan, Mempunyai kredibilitas, kapabilitas dan prestasi yang diterima oleh masyarakat pada provinsi yang bersangkutan, Meraih kesuksesan hidup melalui menulis dan/atau membaca serta prestasi belajar baik di sekolah maupun di masyarakat, Berpenampilan rapi dan berkepribadian baik serta bertanggung jawab dan patut diteladani.

Terakhir guna menjadi Duta Baca Sumbar yaitu Tidak menjadi pengurus dan/atau anggota pada politik praktis, Mempunyai Kartu Anggota Perpustakaaan di Perpustakaan Provinsi atau perpustakaan jenis lainnya, Sanggup menyisihkan waktu untuk kepentingan kegiatan Duta Baca Daerah (promosi gemar membaca) di seluruh wilayah provinsi serta diketahui dan disetujui oleh pihak pimpinan sekolah/pimpinan perguruan tinggi/tempat bekerja yang bersangkutan, dan Mempunyai networking (jaringan), dalam upaya mengkampanyekan Kegiatan Pembudayaan Kegemaran Membaca melalui lintas sektoral.

“Program unggulan kita saat ini adalah BULIR TANJUNG (Buku Bergulir Perpustakaan Sijunjung), sebuah inovasi guna mendongkrak Indeks Pembangunan Literasi di Kabupaten Sijunjung” demikian Kepala Dinas Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi Kabupaten Sijunjung Drs. Darlias menutup wawancara.

Bagi masyarakat yang berminat mengikuti seleksi Duta Baca Sumbar dapat menghubungi Yelvi pada nomor whatsapp 081267096165 dan mendaftar pada tautan https://bit.ly/Formulir-PendaftaranDBD dimana seleksi administrasinya dilakukan pada 2 Juni 2022 dan dilanjutkan dengan pengumuman 10 finalis pada 3 Juni 2022.

(Gun).

Pos terkait