Kecamatan Baso Juara Umum MTQ Nasional Ke-XL Tingkat Kabupaten Agam

Agam | Topsumbar – Kecamatan Baso berhasil menjadi Juara Umum Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) ke-XL (40-red) tingkat Kabupaten Agam yang diselenggarakan di Palupuh tanggal 26-30 Mei 2022.

Trofi Juara Umum diserahkan langsung oleh Bupati Agam H. Dr. Andri Warman, MM kepada Camat Baso Rio Eka Putra, S.IP, MSi pada penutupan MTQ Nasional ke-XL tingkat Kabupaten Agam tadi malam, Senin (30/5/2022).

Dilansir dari laman Diskominfo Agam, disebutkan trofi perlombaan MTQN sudah digelar selama 3 hari yaitu 27-30 Mei, lomba ini terdiri dari 2 babak yaitu babak penyisihan dan babak final. Untuk babak penyisihan dilaksanakan pada hari Jum’at dan Sabtu, sedangkan babak final dilaksanakan pada hari minggu.

Bacaan Lainnya

Pengumuman hasil putusan juara lomba disampaikan oleh Koordinator Dewan Hakim, Drs.H. Marjanis,M.Pd melalui Wakil Koordinator Dewan Hakim  dengan total putusan 34 lomba.

Juara Umum Baso berhasil mengumpulkan 83 poin dengan perolehan 11 piala Juara 1 , 7 piala Juara II dan 7 piala Juara III.  Disusul Kamang Magek dengan perolehan  74 poin di tempat kedua serta Ampek Angkek pada posisi ketiga dengan perolehan 72 poin.

Posisi keempat ditempati Kecamatan Candung dengan total 58 poin. Sementara tuan rumah Palupuh berada pada posisi kelima dengan total 55 poin.

Juara umum pada gelaran MTQ Nasional ke-XXXIX Agam yakni Sungai Pua harus puas berada di posisi keenam dengan total poin sebanyak 50.

Berikutnya disusul oleh Banuhampu pada posisi ketujuh dengan poin 47, Tilatang Kamang pada posisi kedelapan dengan poin 39, Lubuk Basung pada posisi kesembilan dengan poin 28 dan Malalak pada posisi kesepuluh dengan poin 22.

Bupati Agam menyampaikan dengan diselenggarakannya MTQ Nasional ke-XL kita dapat meningkatkan marwah Kabupaten Agam ke level yang lebih tinggi lagi untuk tingkat Provinsi Sumatera Barat.

“Kemaren MTQ tingkat Sumbar, Kabupaten Agam ranking 5, mudah-mudahan MTQ berikutnya kita naik tingkat lagi kalau perlu kita jadi juara” ucap Bupati.

Acara ditutup dengan dibagikannya 132 piala kepada para pemenang oleh Bupati Agam dan Ny. Yennita Andri Warman beserta pejabat-pejabat yang ada di lingkungan Kabupaten Agam.

(AL/Red)

Pos terkait