48.729 Orang Berwisata ke Sawahlunto Selama Lebaran

Sawahlunto │ Topsumbar – 48.729 orang berwisata ke Sawahlunto selama lebaran 1443 H, demikian informasi yang disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Sawahlunto Nova Erizon, ST, MT menjawab pertanyaan topsumbar.co.id pada Selasa (10/5).

Idul Fitri adalah ajang silaturahmi kepada keluarga dan relasi, disamping itu juga dimanfaatkan sebagai wadah untuk berwisata terutama bagi perantau yang baru kembali ke kampung halaman.
Berdasarkan catatan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Sawahlunto, terdapat 5 DTW (Daerah Tujuan Wisata) dengan 9 destinasi yang ramai dikunjungi wisatawan terutama wisatawan lokal dan Wisnu (Wisatawan Nusantara) diantaranya Kawasan Wisata Kandi, Kawasan Kota Lama, Kawasan Puncak Cemara, Kawasan Batu Runcing, serta Waterboom di Muaro Kalaban.

Kawasan Wisata Kandi dengan destinasi andalannya adalah Taman Satwa Kandi, Meer Von Heritage, Kebun Buah Kandi, serta Desa Rantih. Sementara Kawasan Kota Lama destinasinya meliputi Museum Kereta Api, Museum Goedang Ransoem, IPTEK Centre, Lubang Mbah Soero, serta Museum Musik/Lukis/Tari.

Bacaan Lainnya

Puncak kunjungan wisatawan ke Kota Sawahlunto yang telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai “Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto” terjadi pada hari ke-4 lebaran yakni Kamis (5/5) dengan 10.718 orang pengunjung.

Sementara itu objek wisata yang paling ramai dikunjungi adalah Taman Satwa Kandi dengan 15.872 orang pengunjung, disusul Water Boom di Muaro Kalaban dengan pengunjung sebanyak 11.015 orang pengunjung, dan destinasi baru Meer Von Heritage di Kandi mampu curi perhatian pengunjung di posisi ketiga dengan 9.805 orang pengunjung selama libur lebaran lalu Kawasan Puncak Cemara dikunjungi 5.159 orang.

Untuk objek wisata lainnya selama libur lebaran di “Kota Wisata Tambang Yang Berbudaya” mencatatkan jumlah pengunjung dibawah 5.000 orang selama periode tanggal 2 sampai dengan 8 Mei 2022.

(Gun)

Pos terkait