Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Sijunjung · 8 Apr 2022 00:37 WIB ·

Tim Safari Ramadhan Kunjungi Nagari Mundam Sakti


 Tim Safari Ramadhan Kunjungi Nagari Mundam Sakti Perbesar

Sijunjung | Topsumbar – TSR (Tim Safari Ramadhan) Kabupaten Sijunjung melakukan kunjungan ke Nagari Mundam Sakti, Kecamatan IV Nagari pada Kamis (7/4).

TSR Kabupaten Sijunjung yang berkunjung hari ini merupakan tim 18 dengan pimpinan tim adalah Inspektur Daerah Kabupaten Sijunjung Welfiadril Bgd. Ali, S.Sos, M.Pd mengawali agenda dengan buka bersama di Kantor BPN Mundam Sakti dilanjutkan dengan shalat maghrib di Mushallah Nurul Iman.

Selanjutnya TSR 18 bersama Pendamping 2 dari Kecamatan IV Nagari serta Wali Nagari Mundam Sakti dan unsur pemerintahan nagari menuju Masjid Jami’ Baitul Makmur guna melaksanakan shalat Isya dilanjutkan shalat Tarwih dengan Imam yaitu Shofialah yang sengaja didatangkan pengurus masjid Junaidi dari Madura, Jawa Timur.

Dalam sambutannya Wali Nagari Mundam Sakti Dayusmar Asmara, A.Md menyampaikan ucapan terimakasih atas kunjungan TSR 18 Kabupaten Sijunjung yang dipimpin oleh salah seorang putra terbaik Nagari Mundam Sakti, semoga kita nantinya bisa menyampaikan aspirasi dan menjalin komunikasi.

Ketua TSR 18 Kabupaten Sijunjung Welfiadril Bgd. Ali, S.Sos, M.Pd dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas sambutan serta antusiasme pemerintahan nagari bersama pengurus Masjid Jami’ Baitul Makmur Junaidi serta seluruh jamaah yang hadir.

Kemudian Ketua TSR 18 Kabupaten Sijunjung memperkenalkan tim yang terdiri dari Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung Redi Susilo, S.Pd, Kabag Organisasi Wandri Fahrizal, SH, MH yang merupakan pakar pelayanan publik, Ketua Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Agus Hutrial Tatul, S.Pi, Ketua PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) sekaligus jurnalis senior yang pernah juga menjabat sebagai Kabag Humas Drs. Rusli Jawaher, Mubaligh sekaligus Kepala SDIT Ar-Rahman yang juga mantan Wali Nagari Muaro Bodi Defri Marjulis, SHI, Sekretaris BPBD Andreas Zainaldi, SE, Inspektur Pembantu Joko Ismartono, M.Si, serta Brista Yulia.

Adapun pendamping dari Kecamatan IV Nagari yang diperkenalkan oleh Ketua TSR 18 antara lain Dan Ramil 06/Palangki Kapten M. Ferizal, Kasi Pemerintahan dan Kependudukan Kantor Camat IV Nagari Khoiriman, SE, serta Koordinator BPP Kecamatan IV Nagari Adpi Gunawan, SST bersama Staff Demplot Riski Romansyah.

“Bapak Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si bersama Wakil Bupati H. Iraddatillah, S.Pt menitipkan salam kepada kita semua khususnya jemaah yang hadir” demikian Ketua TSR 18 menyampaikan pesannya dihadapan jemaah Mesjid Jami’ Baitul Makmur, Mundam Sakti.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung Redi Susilo, S.Pd yang menjelaskan bahwa TSR terdiri dari 20 tim dan terbagi melalui 2 gelombang, menjelaskan tujuan safari Ramadhan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan sebesar Rp. 10.000.000,- kepada Pengurus Masjid Jami’ Baitul Makmur diiringi pemberian infaq yang tidak disebutkan jumlahnya oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung yang baru saja dilantik.

Dalam kesempatan Safari Ramadhan ini juga diisi dengan tanya jawab seputar pembangunan yang diajukan oleh Ketua Kelompoktani Belimbing Jafran mengenai jembatan gantung menyeberangi Batang Palangki menuju Padang Pacaturan yang hanya mampu menahan beban 500 kg sudah selayaknya diganti dengan jembatan permanen.

Kemudian usulan diajukan oleh Ketua Kelompoktani Ranah Gadang H. Musihat yang menyampaikan tentang permohonan bantuan peternakan mengingat 16 kelompoktani sangat potensial dalam mengelola ternak sapi, permohonan peningkatan jalan usaha tani di Lurah Batu Kudo yang sangat berbahaya pada musim hujan, serta permohonan agar sektor pertanian terus ditingkatkan.

Pertanyaan ketiga disampaikan oleh Ibeng yang memohon adanya peningkatan irigasi guna mengairi sawah warga termasuk pembangunan embung, dan ditutup dengan pernyataan oleh Notok mengenai survey pembangunan irigasi yang telah dilakukan pada 2012 oleh Pak Dadang dari Padang serta Pak Satria dari Bandung namun belum ada kejelasannya hingga sekarang.

Semua aspirasi warga masyarakat Nagari Mundam Sakti dijelaskan Oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung Redi Susilo, S.Pd bahwa telah dilakukan konsultasi dengan Dinas PUPR Propinsi Sumbar kemudian juga dengan BWS V tentang normalisasi sungai.

Terkait pembangunan jembatan kita akan ikuti semua mekanisme penganggaran yang berlaku, kemudian juga akan kita adakan rapat dengan OPD terkait, dan harus kita pahami bersama bahwa sesungguhnya anggaran kita terbatas dan banyak terjadi pemangkasan anggaran ujar Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung Redi Susilo, S.Pd yang juga merupakan kakak kandung daripada Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE.

Defri Marjulis, SHI dalam ceramah Ramadhan menyampaikan tentang keutamaan puasa, “Semua amal perbuatan anak Adam adalah untuknya, melainkan berpuasa, karena sesungguhnya puasa itu adalah untuk-Ku dan Aku yang akan memberikan balasan” demikian kata Allah SWT, ujar mubaligh yang menyampaikan ceramah dihadapan jemaah Masjid Jami’ Baitul Makmur, Nagari Mundam Sakti.

Selanjutnya Defri Marjulis, SHI juga mengajak jemaah agar senantiasa beribadah sebagaimana tuntunan yang diajarkan Rasulullah Nabi Muhammad SAW, terakhir mubaligh menyampaikan mengenai kriteria indikator ketaqwaan.

Pada malam Ramadhan bersamaan dengan kedatangan TSR 18 Kabupaten Sijunjung kali ini, sebagaimana dilaporkan Pengurus Masjid Jami’ Baitul Makmur, Nagari Mundam Sakti juga terkumpul infaq sebesar Rp. 2.147.000,-

(Gun)

Hits: 1

Artikel ini telah dibaca 20 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Forikan Sijunjung Juara 2 Tingkat Propinsi Sumbar

28 September 2022 - 16:14 WIB

Kolaborasi UIN Mahmud Yunus Batusangkar dengan Geopark Ranah Minang Silokek

27 September 2022 - 21:33 WIB

Pemkab Sijunjung MoU dengan PT. Semen Padang

27 September 2022 - 06:20 WIB

Gubernur Sumbar: Mudah-Mudahan Masjid Baitul Makmur Menjadi Contoh Kekompakan

27 September 2022 - 06:18 WIB

Tim UPP Saber Pungli Sosialisasi Di Tanjung Ampalu

21 September 2022 - 07:54 WIB

Hanya Di Sijunjung, Ombudsman Puji Forum Pelayanan Publik

20 September 2022 - 10:16 WIB

Trending di Sijunjung