Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Sumatera Barat · 15 Apr 2022 07:52 WIB ·

Sidak Samsat Pessel, Wagub Sumbar Tegaskan Jangan Ada Pungli


 Sidak Samsat Pessel, Wagub Sumbar Tegaskan Jangan Ada Pungli Perbesar

PESSEL — Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy tegaskan kepada pegawai Kantor UPTD Samsat Pesisir Selatan untuk tidak melakukan pungli. Memberikan pelayanan yang terbaik merupakan tanggung jawab pemerintah.

“Saya tegaskan dalam bertugas jangan ada pungutan liar. Mudahkan rakyat untuk membayar pajak, sudah menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah untuk menciptakan pelayanan yang terbaik buat masyarakat,” kata Wagub Sumbar.

Hal ini disampaikan Wagub Sumbar Audy Joinaldy dalam inspeksi mendadak (sidak) ke kantor Samsat Pesisir Selatan, Jalan Jenderal Sudirman, Sago Salido, Kec. IV Jurai, Kamis (14/4/2022).

Menurut Audy Joinaldy, saat ini sudah tidak zaman lagi pungli, semua sudah dipermudah. Masyarakat bisa melakukan transaksi online (e-Samsat).

“Kita harus mengubah stigma dan paradigma masyarakat terhadap seluruh pelayanan publik, beri pelayanan terbaik bagi masyarakat,” pintanya.

Dalam hal ini, percepatan pelayanan melalui penggunaan teknologi informasi dan komunikasi memang menjadi hal yang paling utama, khususnya dalam upaya membangun kepercayaan publik.

“Dalam meningkatkan PAD, kita harus memiliki inovasi. Tanpa inovasi, saya yakin PAD tidak akan meningkat. Ini business as usual, harus ada perubahan,” ucapnya.

Sementara itu Kepala UPTD Samsat Pessel Zul Akmal, S.IP, MM menyampaikan, saat ini Samsat Pessel sedang mengalakkan inovasi bernama “Hunting TDU”.

“Kegiatan ini kita gencar lakukan pemburuan terhadap setiap pemiliki kendaraan yang belum membayar PKB (Pajak Kendaraan Bermotor). Kita lakukan hampir setiap minggu,” ungkap Zul Akmal

Inovasi Hunting TDU bisa terlihat dari aplikasi e-Samsat bagi pemiliki kendaraan yang belum membayar PKB yang Tidak Daftar Ulang (TDU) atau kendaraan yang sudah berpindah hak milik.

“Kita langsung beri teguran ataupun menagih langsung tunggakan PKB. Walaupun dimana pemiliki kendaraan berada di wilayah Painan,” jelasnya.

Kembali Zul Akmal melaporkan, bahwa Samsat Pessel untuk triwulan pertama lebih dari 39 persen dari target yang telah ditetapkan Bapenda Sumbar Rp. 33.450.000.000,- untuk tahun 2022.

“Alhamdulillah, apa yang ditargetkan untuk Samsat Painan sudah tercapai. InsyaAllah untuk triwulan kedua ini akan kita tingkatkan lagi,” harapnya.

Setelah puas melihat setiap ruangan, terakhir, Audy berharap, untuk terus bekerja sama dari semua pihak dan jalin komunikasi dalam menjalankan program-program yang telah direncanakan dapat terlaksana dengan baik, demi kemajuan Sumbar kedepannya.

(Ha/red)

Hits: 0

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Kanwil Kemenkumham Sumbar Jaring Aspirasi Masyarakat Melalui Dialog RUU KUHP

28 September 2022 - 10:35 WIB

Semarakan Hari Jadi Sumatera Barat ke 77

27 September 2022 - 14:10 WIB

Cuaca Sumbar 25-27 September, Ini Prakiraan BMKG Stasiun Minangkabau

25 September 2022 - 14:12 WIB

HUT Lantas Ke-67, Kapolda Sumbar: Jajaran Lalu Lintas adalah Miniatur Tugas Pokok Polri

23 September 2022 - 08:35 WIB

Pembagian BLT Ricuh, Lisda Hendrajoni: Pemerintah Harus Carikan Solusi, Jangan jadikan tontonan

22 September 2022 - 15:11 WIB

Polda Sumbar Salurkan 5000 Paket Bansos Kepada Komunitas Ojek, Angkot dan Betor

21 September 2022 - 12:42 WIB

Trending di Sumatera Barat