Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Sumatera Barat · 15 Apr 2022 07:58 WIB ·

Sekdaprov Sumbar Dorong Nagari Koto Baru Tingkatkan Produktivitas Pertanian


 Sekdaprov Sumbar Dorong Nagari Koto Baru Tingkatkan Produktivitas Pertanian Perbesar

Tim Safari Ramadhan (TSR) XIII yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Hansastri, sambangi Masjid Syariatul Ikhlas Bukit Kili, Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, Kamis (14/4/2022).

Diwakili oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Nizam Ul Muluk, rangkaian kegiatan safari ramadhan dimulai dengan berbuka puasa bersama, salat maghrib, salat isya disambung tarawih berjamaah dan ditutup dengan tausiyah oleh ustad Sofwan Diran.

Pada kesempatan ini, TSR Provinsi menyerahkan secara simbolis bantuan sebesar Rp50 juta kepada pengurus masjid.

Nizam Ul Muluk, mengatakan kegiatan safari Ramadhan ini untuk meningkatkan silaturahmi antara Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dengan masyarakat Kabupaten Solok. Selain itu juga sebagai langkah membangun ukhuwah Islamiyah di bulan Ramadhan.

Nizam juga menyampaikan program-program pembangunan yang telah direncanakan dan dilaksanakan oleh pemerintah provinsi di Kabupaten Solok, khususnya terkait misi ketiga RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Provinsi Sumbar, yaitu meningkatkan nilai dan produktivitas pertanian, perkebunan, perternakan dan perikanan.

Disebutkan Nizam, anggaran sebesar 680 miliar untuk sektor pertanian dalam rancangan APBD tahun 2022. Nilai tersebut merupakan 10 persen dari total Rp6,8 triliun APBD Sumbar 2020. Anggaran Rp680 miliar tersebut dibagi ke lima bidang, yaitu pertanian (termasuk irigasi), peternakan, kelautan, kehutanan dan pangan.

“Anggaran diperuntukkan khusus untuk pertanian ini belum pernah terjadi sebelumnya, oleh sebab itu kelompok tani yang sudah berbadan hukum, langsung mengajukan proposal bantuan ke provinsi,” ujarnya.

“Jadi Pak Wali, mohon diarahkan kelompok tani ini, untuk membuat proposal sebanyak-banyaknya. Buatlah proposal pengajuan alat pertanian, jaringan irigasi, mesin tani, dan perbaikan jalan usaha tani,” jelasnya kepada Wali Nagari Koto Baru.

Terakhir Nizam juga menyinggung tentang menciptakan tenaga kerja yang bekerja di industri kecil dan menengah sebanyak 25 ribu orang setiap tahunnya, serta enterprenur atau wirausaha sebanyak 20 ribu orang setiap tahun.

“Untuk itu dalam mewujudkan ini perlu adanya persiapan, dengan mengajukan proposal terkait dengan daftar kebutuhan yang ada. Silakan ajukan, sekarang terbuka kesempatan seluas-luasnya,” jelasnya.

Wali Nagari Koto Baru, Afrizal, mengucapkan terima kasih atas kunjungan TSR Provinsi Sumatera Barat ke Nagari Koto Baru, ia berharap dengan kedatangan TSR XIII dapat memberikan berbagai kebijakan pembangunan termasuk pembangunan infrastruktur jalan.

“Kami harap dengan kedatangan Tim Safari Ramadhan dari Provinsi dapat membantu menganggarkan proyek pembangunan jalan yang sudah tiga tahun ini menggunakan anggaran dari dana desa,” paparnya.

(Ha/red)

Hits: 2

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Kanwil Kemenkumham Sumbar Jaring Aspirasi Masyarakat Melalui Dialog RUU KUHP

28 September 2022 - 10:35 WIB

Semarakan Hari Jadi Sumatera Barat ke 77

27 September 2022 - 14:10 WIB

Cuaca Sumbar 25-27 September, Ini Prakiraan BMKG Stasiun Minangkabau

25 September 2022 - 14:12 WIB

HUT Lantas Ke-67, Kapolda Sumbar: Jajaran Lalu Lintas adalah Miniatur Tugas Pokok Polri

23 September 2022 - 08:35 WIB

Pembagian BLT Ricuh, Lisda Hendrajoni: Pemerintah Harus Carikan Solusi, Jangan jadikan tontonan

22 September 2022 - 15:11 WIB

Polda Sumbar Salurkan 5000 Paket Bansos Kepada Komunitas Ojek, Angkot dan Betor

21 September 2022 - 12:42 WIB

Trending di Sumatera Barat