Pemko Solok Gulirkan Program ODOJ bagi Pejabat OPD Selama Ramadhan 1443 H

Kota Solok | Topsumbar – Pada bulan suci Ramadhan tahun ini, Pemerintah Kota Solok kembali menggulirkan program tadarus sekaligus mengkhatamkan Al-Quran selama bulan Ramadhan, yaitu program One Day One Juz (ODOJ).

Selama bulan Ramadan 1443 H, para pimpinan OPD dan pejabat di lingkup Pemko Solok memiliki aktivitas baru, masing-masing melantunkan tadarus sebanyak 1 juz dalam satu hari.
Wali Kota Solok H. Zul Elfian Umar memberikan motivasi ini kepada seluruh kepala OPD dengan Program ODOJ , program ini telah diinisiasi pada Ramadhan 1442 H (tahun 2021).

“Dengan pelaksanaan One Day One Juz oleh pejabat Pemko Solok juga dapat memotivasi masyarakat, khususnya ASN agar lebih mencintai Al-Quran, mengakrabkan diri dekat dengan Al-Quran, meningkatkan kedisiplinan untuk mengkhatamkan Al-Quran setiap bulannya serta perbanyak amal-amal yang baik terutama di bulan yang penuh rahmat dan ampunan ini,” harap Wako.

Bacaan Lainnya

Di samping itu, kegiatan ini sejalan dengan visi-misi pimpinan daerah mewujudkan masyarakat yang berkepribadian religius melalui penguatan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Banyak keutamaan dalam membaca Al-Quran yang kita dapatkan, baik itu untuk diri sendiri maupun orang yang di sekitar kita. Karena kita yang membaca mendapat pahala dan orang yang mendengarkan dengan baik juga mendapatkannya juga, itulah kelebihan dalam membaca kitab suci Al-Quran,” tutur Wako Zul Elfian, Senin (4/4/2022).

Sementara itu, Kabag Kesra Irsyad menerangkan, di bawah komando Wali Kota dan Wakil Wali Kota, pada program ODOJ, Pimpinan OPD dapat mengkhatamkan Al-quran dalam satu hari secara bersama.

“Program One Day One Juz ini merupakan program mengaji secara bersama-sama yang dibagi dalam dua tim, satu tim beranggotakan 30 orang (terdiri dari Wali Kota, Wakil Wali Kota, Sekda, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Sekretaris OPD, Kabag dan Camat). Tim satu dimulai dengan juz 1 oleh Wako Zul Elfian dan tim dua dimulai dengan juz 1 oleh Wawako Ramadhani Kirana Putra,” jelas Kabag Kesra.

“Dengan membaca secara bersama-sama, satu tim akan bisa khatam 30 Juz Alquran setiap harinya selama 30 hari bulan Ramadhan secara bersama. Otomatis semua anggota tim bisa menamatkan 30 juz dalam jangka 30 hari,” tambahnya.

(gra)

Pos terkait