Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Dharmasraya · 25 Apr 2022 12:57 WIB ·

Pemkab Dharmasraya Ikuti Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke-XXVI


 Pemkab Dharmasraya Ikuti Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke-XXVI Perbesar

DHARMASRAYA – Pemkab Dharmasraya mengikuti Rapat Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVI tahun 2022. Rapat yang dilakukan secara virtual bersama Presiden RI dan Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Otonomi Daerah yang dilaksanakan di Ruang Aula Rumah Dinas Bupati Dharmasraya, Senin (25/04/22).

Rapat virtual tersebut dihadiri oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Ketua DPRD Dharmasraya, Paryanto, Kapolres Dharmasraya, AKBP Nurhadiansyah, Kajari Dharmasraya, M Haris Hasbullah, Sekda Dharmasraya, Adlisman, serta utusan Dandim 0310/SSD.

Dalam sambutan Kemendagri, Tito Karnavian, yang diwakili Sekjen Kemendagri, Suhajar Diantoro menuturkan, semangat otonomi daerah dengan mewujudkan ASN yang proaktif. “Kita perlu melakukan refleksi sejenak guna memahami kembali esensi filosofis dari diterapkannya otonomi daerah yang saat ini telah berusia 26 tahun,“ ujar Suhajar Diantoro.

Katanya lagi, tujuan dari pelaksanaan otonomi daerah yaitu mendelegasikan sebagian kewenangan dan sebagian urusan pemerintahan. Paling terpenting adalah menjadikan daerah untuk mencapai kemandirian Sistem Informasi Kinerja Penyedia (SIKAP). Dengan menggali berbagai potensi sumber daya yang bisa memberikan efek peningkatan kepada Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan juga dapat mempercepat serta terjadinya pemerataan pembangunan.

Selain itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada daerah otonomi baru yang sudah berhasil meningkatkan PAD dan kemampuan viscal. Dengan adanya peningkatan tersebut diharapkannya dapat dimanfaatkan untuk program pembangunan dan kesejahteraan rakyat. Dan kepada daerah yang masih rendah PAD-nya agar melakukan terobosan dan inovasi untuk menggali beberapa potensi yang ada, sehingga dapat meningkatkan PAD nantinya.

Sementara itu, menurut Bupati bahwa rapat tersebut adalah memperingati Hari Otonomi Daerah ke XXVI, sekaligus Launching Sistem Informasi LPPD. Selain itu ada arahan dari Kemendagri kepada seluruh ASN untuk mengantisipasi melonjaknya Covid-19. “Dalam rapat tersebut juga ada arahan dari Kemendagri kepada ASN untuk dapat mengantisipasi melonjaknya Covid-19, ” pungkas Bupati.

(Yanti)

Hits: 0

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya Hadiri Acara Pembukaan Masa Penerimaan Anggota Baru PMII Ke-II Universitas Dharmas Indonesia

25 September 2022 - 21:51 WIB

Hendak Mengisi BBM di SPBU Seorang Wanita Berbonceng Dua Anak Kecil Tertabrak Kenderaan Truck Box Di Sungai Rumbai

25 September 2022 - 17:41 WIB

Nekad Ambil Jalur Lawan Dump Truck Tronton Hino Tabrak Pesepeda Motor Di Gunung Medan

25 September 2022 - 17:34 WIB

Dua Nama Maju di Pilwana Sungai Kambut, Asrial Amri Siap Menangkan Suara Terbanyak

24 September 2022 - 09:46 WIB

Wujud Kepedulian Polri, Polres Dharmasraya Giat Bagikan Paket Sembako Bagi Masyarakat Ekonomi Rendah

23 September 2022 - 15:48 WIB

Menanggapi Masalah Tenaga Non ASN, Apkasi Dan Kemenpan-RB Kembali Urun Rembuk

21 September 2022 - 09:49 WIB

Trending di Dharmasraya