Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Solok · 18 Apr 2022 12:58 WIB ·

Metrologi Legal Lakukan Pengawasan di Seluruh SPBU Kota Solok


 Metrologi Legal Lakukan Pengawasan di Seluruh SPBU Kota Solok Perbesar

Kota Solok | Topsumbar –UPTD Metrologi Legal Kota Solok melakukan pengawasan terhadap seluruh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang ada di Kota Solok mulai tanggal 18 s/d 20 April 2022.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan kepastian hukum hasil pengukuran alat ukur takar, timbangan dan perlengkapannya di Bulan Suci Ramadan dan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 H, sesuai dengan UU Nomor 26 Tahun 2017 tentang Pengawasan Metrologi Legal.

Kegiatan pengawasan rutin dilakukan tiga kali dalam setahun oleh UPTD Metrologi Legal terhadap SPBU yang ada di Kota Solok yang bertujuan untuk mengawasi dan melindungi konsumen dari kesalahan takaran pada flow meter/ nozzle mesin pengisi BBM di SPBU.

Dari keterangan Reza Adrian, Pegawas Metrolgi Legal Kota Solok menyebutkan, jika ditemukan kesalahan pada takaran, SPBU tersebut akan dilakukan tera ulang, jika tidak maka akan kembali disegel legal oleh UPTD Metrologi.

“Kegiatan pengawasan SPBU ini rutin kami lakukan untuk melindungi konsumen dari tindakan kecurangan berupa mengelabui pembeli dengan mengurangi takaran tidak sesuai jumlah pembelian sekaligus menciptakan kenyamanan bagi konsumen dalam melakukan perniagaan,” jelasnya di SPBU Pandan Ujung, Senin (18/4).

“SPBU di Kota Solok untuk saat ini aman dan terkendali tidak ada keluhan dari masyarakat semoga ke depannya pelayanan ini terus diprioritaskan, kenyaman konsumen adalah prioritas utama. Metrologi Legal Kota Solok siap membantu SPBU untuk mewujudkan pengukuran, takaran, dan volume yang benar,” imbuhnya.

Salah satu konsumen SPBU yang ditemui saat kegiatan tera, Riki Sofyan mengaku merasa tenang dan tidak menaruh kecurigaan terhadap SPBU di Kota Solok dengan adanya pengawasan rutin yang digelar metrologi legal.

“Kadang ada juga oknum di SPBU yang nakal memainkan takaran minyak, tapi Alhamdulillah adanya kegiatan ini jadi bisa terkontrol, terimakasih atas pengawasan rutin yang dilakukan metrologi legal,” tuturnya.

(gra)

Hits: 1

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Rang Solok Baralek Gadang 2022 Berakhir, Gubernur Mahyeldi: Tahun Depan Harus Lebih Meriah Lagi

25 September 2022 - 11:56 WIB

25 September 2022 - 11:50 WIB

Event Rang Solok Baralek Gadang Hadirkan Permainan Anak Nagari

23 September 2022 - 12:13 WIB

Semarak Pembukaan Event Rang Solok Baralek Gadang

22 September 2022 - 12:09 WIB

Awali Rangkaian Rang Solok Baralek Gadang, 400 Peserta Kelompok Tani Ikuti Prosesi Batulak Bala

22 September 2022 - 12:02 WIB

Ayo ke Solok, Semarak Rang Solok Baralek Gadang 2022 Dimulai

22 September 2022 - 10:05 WIB

Trending di Solok