Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Dharmasraya · 9 Apr 2022 15:14 WIB ·

Angin Kencang Porak-Porandakan Sejumlah Bangunan di Sikabau, Dharmasraya


 Angin Kencang Porak-Porandakan Sejumlah Bangunan di Sikabau, Dharmasraya Perbesar

Dharmasraya, Bencana angin kencang yang melanda Nagari Sikabau, Kabupaten Dharmasraya, Jumat, (8/4) sore menyebabkan sejumlah pohon tumbang dan belasan bangunan milik warga porak-poranda.

Menurut Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Dharmasraya, Eldison, tim bersama pemerintah nagari masih melakukan pendataan terkait rumah warga yang rusak akibat angin kencang.

“Untuk data sementara jumlah rumah yang mengalamai rusak berat mencapai belasan unit, dua unit dilaporkan tertimpa pohon termasuk satu unit mobil di dalamnya, selebihnya porak-poranda pada bagian atap,” katanya.

Pantauan di lokasi bencana tepatnya di Jorong Koto Panjang, Nagari Sikabau, Kecamatan Pulau Punjung, setidaknya ada lima ruko yang mengalami kerusakan berat.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 16.20 WIB yang saat kejadian bersamaan dengan turunnya hujan deras, suara angin yang bergemuruh menambah kepanikan warga yang kebetulan sedang menyiapkan dagangan untuk pasar bedug.

Selain rumah dan ruko warga di Koto Panjang, puluhan tenda-tenda pasar bedug Nagari Sikabau juga ikut rusak akibat diterjang angin kencang. Bagitu juga satu unit ruko di Pasar Sikabau habis pada bagian atapnya akibat terbawa angin.

Berdasarkan informasi sementara tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, kata dia namun kerugian material ditaksir mencapai ratusan juta.

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, sesaat menerima informasi langsung meluncur ke lokasi kejadian.

Di lokasi tersebut, Sutan Riska langsung meminta Sekretaris Daerah mengkoordinir OPD terkait untuk melaksanakan segala upaya untuk meringankan beban warga yang terdampak.

“Saya minta Sekretaris Daerah untuk mengkoordinir OPD terkait, camat dan walinagari setempat untuk melakukan tanggap darurat agar warga yang terdampak tidak ada yang tidak terperhatikan,” ujar bupati

Kata bupati, ia tidak ingin melihat warga terdampak dalam keadaan kesusahan, apalagi dalam suasana bulan puasa saat ini.

“Semoga warga kami yang terdampak, diberi kesabaran dalam menghadapi musibah ini”, ucap bupati menyampaikan empati.

Hingga malam ini, BPBD Dharmasraya masih mengerahkan sejumlah personel guna pembersihan lokasi, terutama pada bangunan-bagunan yang tertimpa pohon.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial P3APPKB, Bobby P Riza mengaku, pihaknya sudah berkoordinasi dengan BPBD, Camat dan walinagari setempat untuk mendata kerusakan, dan jumlah warga terdampak, agar bantuan yang akan disalurkan sesuai kebutuhan warga.

Bobby memastikan semua warga yang tertimpa musibah akan terperhatikan terutama masalah kebutuhan pangan selama tanggap darurat.

(Yanti)

Hits: 3

Artikel ini telah dibaca 30 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya Hadiri Acara Pembukaan Masa Penerimaan Anggota Baru PMII Ke-II Universitas Dharmas Indonesia

25 September 2022 - 21:51 WIB

Hendak Mengisi BBM di SPBU Seorang Wanita Berbonceng Dua Anak Kecil Tertabrak Kenderaan Truck Box Di Sungai Rumbai

25 September 2022 - 17:41 WIB

Nekad Ambil Jalur Lawan Dump Truck Tronton Hino Tabrak Pesepeda Motor Di Gunung Medan

25 September 2022 - 17:34 WIB

Dua Nama Maju di Pilwana Sungai Kambut, Asrial Amri Siap Menangkan Suara Terbanyak

24 September 2022 - 09:46 WIB

Wujud Kepedulian Polri, Polres Dharmasraya Giat Bagikan Paket Sembako Bagi Masyarakat Ekonomi Rendah

23 September 2022 - 15:48 WIB

Menanggapi Masalah Tenaga Non ASN, Apkasi Dan Kemenpan-RB Kembali Urun Rembuk

21 September 2022 - 09:49 WIB

Trending di Dharmasraya