Wawako Asrul Sambut Baik FJKIP Kota Padang Panjang

Padang Panjang | Topsumbar – Wakil Walikota Padang Panjang Drs. Asrul menyambut baik kehadiran Forum Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik (FJKIP) Kota Padang Panjang.

Pernyataan tersebut disampaikannya saat menerina kunjungan silaturahmi pengurus dan panitia pengukuhan kepengurusan FJKIP Kota Padang Panjang, Senin, (14/3/2022) di ruangan kerja Wawako di Balaikota setempat.

Ia mengatakan secara pribadi sangat menyambut dan sangat bahagia sekali dengan hadirnya FJKIP Kota Padang Panjang.

Bacaan Lainnya

“Tadi disampaikan bahwa FJKIP Kota Padang Panjang satu-satunya di Sumatera Barat yang bisa menyatukan wartawan yang ada di Kota Padang Panjang. Ini tentulah nilai plus bagi kita,” ujarnya.

Ia menambahkan, dengan adanya FJKIP ini nantinya wartawan Padang Panjang betul-betul solid, kompak dan bersama-sama bagaimana Kota Padang Panjang kedepannya.

Kemudian terkait acara pengukuhan kepengurusan FJKIP Kota Padang Panjang, ia menyatakan siap pula membantu.

“InsyaaAllah saya siap membantu dan berpartisipasi. Terpenting acara Bimtek dan pengukuhan itu harus jalan dan kita sukseskan bersana-sama,” ujarnya.

Silaturrami bersama Wawako Asrul digelar pengurus dan panitia pengukuhan kepengurusan FJKIP Kota Padang Panjang dalam rangka sosialisasi dan kesiapan jelang pengukuhan yang acara pengukuhannya bakal dihelat tanggal 31 Maret 2022 mendatang.

Dalam pertemuan silaturrami hadir sejumlah pengurus, diantaranya Alfian YN,, Ketua, Rifnaldi Ce, Sekretaris, Syafriyanto YB, Bendahara, Yuwardi Tanjung, Korbid Litbang, dan Supriyanto, Ketua Panitia acara pengukuhan

Alfian YN yang bertindak selaku pembuka pembicaraan memaparkan tentang FJKIP secara ringkas.

“FJKIP merupakan wadah jurnalis yang diinisiasi komisi informasi Sumatera Barat dan InsyaAllah tanggal 31 Maret mendatang kepengurusan FJKIP Kota Padang Panjang bakal dikukuhkan,” ujarnya.

Senada, Rifnaldi Ce, Supriyanto, Syafriyanto YB, Yuwardi Tanjung, juga menyampaikan hal serupa.

“Kehadiran FJKIP Kota Padang Panjang tentulahi butuh dukungan seluruh pihak. Baik eksekutif, legislstif, yudikatif dan masyarakat,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, pasca terbitnya SK kepengurusan FJKIP Kota Padang Panjang masa bhakti 2022-2025 yang disahkan pengurus FJKIP provinsi Sumatera Barat pada 17 Januari 2022 lalu.

Pengurus FJKIP Kota Padang Panjang kemudian merasa perlu membentuk panitia acara pengukuhan dan menetapkan tanggal pengukuhan.

Juga telah diberitakan, dengan segera dilakukannya pengukuhan kepengurusan FJKIP yang berisikan insan insan pers di Kota Padang Panjang, FJKIP dapat dikenal oleh masyarakat.

FJKIP diinisiasi atau dideklarasikan dua tahun lalu (Des, 2019) oleh komisi informasi (KI) provinsi Sumatera Barat dalam Anugerah KIP 2019.

FJKIP Sumbar lahir sebagai bagian dari gerakan memasifkan keterbukaan informasi publik.

FJKIP dibentuk secara bersama melalui kolaborasi KI Sumbar, Anggota DPRD Sumbar, HM Nurnas, Akademisi Unand, Ilham Aldelano Azre, dan para jurnalis yang konsen dengan KIP.

FJKIP Sumbar mendorong terbentuknya, FJKIP kabupaten/kota, sebagai upaya membudayakan keterbukaan informasi di ranah Minang.

FJKIP kabupaten/kota berupaya membudayakan keterbukaan informasi publik di daerah. Perlu dukungan pemerintah kabupaten/kota, Bupati dan Wali Kota, DPRD, serta Dinas Kominfo sebagai PPID Utama, baik dalam proses administrasi maupun penganggaran nantinya.

Saat ini sudah terbentuk dan aktif FJKIP Bukittinggi dan FJKIP Pesisir Selatan.

(Alfian YN)

Pos terkait