Warga Kapar Terjebak Longsor Rimbo Kejahatan Berhasil Dievakuasi

Pasaman Barat | Topsumbar – Tim Gabungan Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Badan SAR Nasional (Basarnas) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, berhasil mengevakuasi warga terjebak longsor di Kawasan Rimbo Kejahatan Jorong Limpato, Nagari Kajai Kecamatan Talamau, Selasa (01/03) dini hari.

Koordinator Restoring Family Links (RFL) Tim Operasi Tanggap Darurat Bencana (TDB) PMI setempat, Tomo Wiranda, di Simpang Ampek, Selasa pagi, mengatakan warga yang sempat terjebak longsor diketahui atas nama Yelda, Siva, Isan, Hendri dan Elen.

“Seluruhnya tercatat sebagai warga Nagari Kapar Kecamatan Luhak Nan Duo, dan berhasil dievakuasi sekitar pukul 03.49 WIB dalam keadaan selamat.” ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan, berdasarkan pengakuan korban, mereka terjebak di ruas jalan tersebut setelah pulang melayat dari Cubadak,Kabupaten Pasaman menuju kediaman mereka di Kapar.

“Ditengah perjalanan dalam cuaca hujan lebat mereka menemukan matrial longsoran tebing sudah menutupi badan jalan,” sebutnya.

Ketika mereka mencoba memutar arah, lanjutnya, titik longsoran lainnya juga terdeteksi telah terjadi mengakibatkan mereka sekeluarga terjebak.

Sementara itu, Koordinator Lapangan Tim Operasi TDB PMI Pasaman Barat, menambahkan setelah mendapatkan informasi tentang adanya warga terjebak di situasi bencana tanah longsor sekitar pukul 00.25 WIB oleh petugas Markas PMI setempat, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Pos Basarnas Kabupaten Pasaman Barat untuk melakukan langkah evakuasi.

“Dalam evakuasi itu tim personel yang diterjunkan ke lapangan sebanyak tujuh orang dari Pos SAR Pasaman Barat, lima orang dari PMI Kabupaten Pasaman Barat dan lima orang dari Perangkat Nagari Kajai serta pemuda setempat,” tutupnya.*

(Rully Firmansyah)

Pos terkait