Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Sumatera Barat · 16 Mar 2022 09:38 WIB ·

Tingkatkan Jumlah Pengusaha Sumbar, Gubernur Mahyeldi Buka Pelatihan Kewirausahaan Pemuda


 Tingkatkan Jumlah Pengusaha Sumbar, Gubernur Mahyeldi Buka Pelatihan Kewirausahaan Pemuda Perbesar

Gubernur Sumatera Barat membuka pelatihan kewirausahaan pemuda, angkatan ke-2 di Hotel Emersia, Batusangkar, Selasa (15/3/2022). Pembukaan ini ditandai dengan pengalungan tanda peserta oleh gubernur.

Pelatihan yang diikuti 30 orang peserta para wirausaha muda dari Solok, Sijunjung Tanah Datar, Payakumbuh, dan Sawahlunto
ini mengambil tema wujudkan 100 ribu milenial entrepreneur dan woman entrepreneur serta pelaku ekonomi kreatif untuk meningkatkan usaha perdagangan dan industri kecil/menengah serta ekonomi berbasis digital di Provinsi Sumbar.

Dalam sambutannya, gubernur mengajak para peserta untuk dapat mengikuti kegiatan secara menyeluruh agar mampu menyerap berbagai ilmu dari para narasumber. Sehingga akan menambah wawasan, keahlian serta jaringan para wirausaha muda menjadi lebih baik.

Apalagi jumlah entrepreneur di Indonesia saat ini masih rendah jika dibandingkan negara tetangga. Padahal keberadaan entrepreneur sangat penting sebagai penopang tonggak perekonomian negara.

“Jumlah wirausahawan kita di Indonesia ini masih berada pada angka kisaran dua persen. Sementara negara tetangga sudah 7-8 persen bahkan 2 digit. Jumlah pengusahanya lebih banyak dari pegawai negeri. Karena itu kita mau memperbanyak wirausaha yang juga merupakan barometer bahwa daerah itu ekonominya maju dan baik dengan banyak wirausahawannya,” ujar gubernur.

gubernur juga memotivasi para peserta melalui kisah kisah sukses para pengusaha Minang, seperti pengusaha transportasi, pedagang dan lainnya yang berjuang dari usaha kecil hingga menjadi besar.

“Makanya silahkan digali ilmu dari para narasumber nantinya. Dan diharapkan setelah pelatihan ini usahanya bisa lebih berkembang luas lagi,” lanjut gubernur.

Narasumber yang dihadirkan cukup banyak dari kalangan akademisi, praktisi dan unsur pemerintah. Diantaranya praktisi pariwisata Sumbar M Zuhrizul dengan tema menjadi entrepreneur tangguh dan berdaya saing. Ada pula Manajemen dan strategi pemasaran oleh Dr. Nurul Fauzi, lalu mengenai alur perizinan dan legalitas usaha dari DPMPTSP.

Kabid Pengembangan Pemuda, Dispora Sumbar, Gusti Anora, dalam laporannya menyebutkan, tujuan diadakannya pelatihan ini agar memotivasi dan pengembangan jaringan baru serta meningkatkan keahlian bagi para wirausahawan muda Sumbar.

Beberapa usaha yang digeluti para peserta diantaranya adalah fotografer, tanaman hias, kuliner, desain batik, homestay, hingga pemandu wisata.(doa/MMC)

Dinas Kominfotik Sumbar

Hits: 3

Artikel ini telah dibaca 22 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Cuaca Sumbar 25-27 September, Ini Prakiraan BMKG Stasiun Minangkabau

25 September 2022 - 14:12 WIB

HUT Lantas Ke-67, Kapolda Sumbar: Jajaran Lalu Lintas adalah Miniatur Tugas Pokok Polri

23 September 2022 - 08:35 WIB

Pembagian BLT Ricuh, Lisda Hendrajoni: Pemerintah Harus Carikan Solusi, Jangan jadikan tontonan

22 September 2022 - 15:11 WIB

Polda Sumbar Salurkan 5000 Paket Bansos Kepada Komunitas Ojek, Angkot dan Betor

21 September 2022 - 12:42 WIB

Gubernur Mahyeldi Sampaikan Amanah Menhub Soal Keselamatan Transportasi

19 September 2022 - 10:57 WIB

Gubernur Sumbar Jalan Kaki Tembus Hutan Sepanjang 11 KM, Tinjau Jalan Alternatif Malalak – Maninjau

18 September 2022 - 19:32 WIB

Trending di Sumatera Barat