Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Nasional · 20 Mar 2022 20:31 WIB ·

Rombongan Peserta Rapimnas JMSI, Ziarah ke Pulau Penyengat


 Rombongan Peserta Rapimnas JMSI, Ziarah ke Pulau Penyengat Perbesar

Batam- Rombongan Peserta Rapimnas Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) mengakhiri rangkaian kegiatan dengan melakukan ziarah ke Pulau Penyengat, Tanjungpinang, Kepulauan Riau(Kepri), Minggu (20/3).

Rombongan peserta JMSI Berangkat dari Batam sekitar pukul 10.00 WIB dan tiba di Pelabuhan Pulau Penyengat sekitar pukul 11.00 WIB.

Sesampainya di depan Pelabuhan Penyengat Rombongan yang dipimpin oleh Ketua Umum JMSI, Teguh Santosa, langsung menuju Masjid Raya Sultan Riau. Yang beragama Islam menyempatkan melaksanakan Salat Tahiyatul Masjid.

Usai melaksanakan Salat Tahiyatul Masjid di Masjid Raya Sultan rombongan melihat suasana Masjid dan mengabadikan momen di depan masjid.

Rombongan melanjutkan perjalanan menapaki satu persatu situs sejarah pulau penyengat seperti Kompleks Istana Kantor, Makam raja-raja (Raja Ja’afar dan Raja Ali Marhum Kantor) yang berada di tengah-tengah pulau Penyengat.

Rombongan didampingi oleh Raja Farul, Pemandu Wisata di pulau penyengat dan menjelaskan satu persatu situs sejarah kepada rombongan.

“Ini adalah peninggalan kebesaran kebudayaan Melayu,” katanya kepada rombongan.

Farul juga menjelaskan sejarah pulau penyengat yang dijadikan mas kawin untuk Engku Putri atau Raja Hamidah dan berbagai literasi sejarah Melayu dan asal usul bahasa Indonesia.

“Di pulau ini ada tiga pahlawan nasional yakni Raja Haji Fisabilillah, Raja Ali Haji dan Sultan Mahmud Riayat Syah,” jelasnya.

Ketua Panitia Rapimnas JMSI, Anwar Anas mengatakan mengatakan bahwa wisata kebudayaan rombongan Rapimnas JMSI untuk mengenalkan langsung sejarah kebudayaan Melayu.

“Kita ingin mengenalkan asal usul bahasa Indonesia kepada kawan-kawan peserta. Mereka bisa menyaksikan mendengarkan dan melihat langsung asal usul bahasa Indonesia, kata Anwar.

Ia juga menambahkan bahwa dengan membawa peserta Rapimnas JMSI ke pulau penyengat bisa menjadi semangat tersendiri bagi Perwakilan JMSI seluruh Indonesia.

“Semoga dengan berkunjung ke pulau penyengat menjadi inspirasi tersendiri bagi rekan-rekan saat kembali ke daerah masing-masing serta menjadi semangat tersendiri untuk menyajikan informasi berkualitas untuk masyarakat,” ujarnya.

Para peserta Rapimnas JMSI yang berkunjung ke Pulau Penyengat, Tanjungpinang tampak antusias melihat dan menyaksikan situs-situs sejarah dan penjelasan terkait sejarah pulau itu.

Tampak juga rombongan JMSI yang melakukan ziarah masing-masing mengabadikan momen saat melakukan perjalanan mengelilingi pulau penyengat.

(Ha)

Hits: 2

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

HUT Lantas ke-67, Kapolri Resmikan Program Prioritas ETLE Nasional di 34 Polda

22 September 2022 - 17:47 WIB

Bupati Kuansing Suhardiman Terima langsung Penghargaan WTP dari Menteri Keuangan RI Sri Mulyani

22 September 2022 - 15:42 WIB

Gubernur Sumbar Terima Penghargaan Atas Capaian Opini WTP Minimal 10 Kali Berturut-turut dari Sri Mulyani

22 September 2022 - 10:12 WIB

Ketum PJS Kutuk Aksi Penganiayaan Jurnalis di Kawarang

21 September 2022 - 10:19 WIB

Umi Harneli Hadiri Rakernas Dewan Kerajinan Nasional 2022

20 September 2022 - 10:35 WIB

DPC PJS Deli Serdang Dikukuhkan

19 September 2022 - 11:09 WIB

Trending di Nasional