Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Padang · 28 Mar 2022 16:12 WIB ·

Ketua DPRD Sumbar Ingatkan Penyusunan RKPD 2023


 Ketua DPRD Sumbar Ingatkan Penyusunan RKPD 2023 Perbesar

Padang | Topsumbar – Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Supardi meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) agar mengutamakan kepentingan umum masyarakat dalam penyusunan rencana kerja tahun 2023. Menurutnya, semua aspirasi dari masyarakat harus menjadi perhatian.

“Jangan banyak sikap politis dalam menentukan rencana kerja ke depan ini, apalagi tebang pilih atau pilih kasih,” ujar Supardi saat Musrenbang RKPD tahun 2023 Pemprov Sumbar.

Setidaknya ada beberapa hal yang mesti masuk dalam rencana kerja, seperti musrenbang tingkat kabupaten/ kota, reses kedewanan, tinjauan di lapangan dan aspirasi masyarakat atau forkopimda. Kalau ingin menolak aspirasi pembangunan misalnya, harus didasari dengan alasan yang jelas.

“Harus sesuai dengan analisis strategis dan taktik pembangunan. Jangan asal tolak saja,” katanya.

Selain itu kata Supardi, dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan, ada hal yang sangat perlu dijadikan landasan, salah satunya harus aman dari bencana. Sebab, menurut keterangan ahli, Sumbar merupakan daerah rawan bencana alam menurut keterangan ahli.

“Sumbar merupakan daerah yang berada di patahan semangko (istilah BMKG),” kata Supardi mengingatkan.

Selanjutnya, pembangunan yang bersifat pendidikan harus mengacu pada pendidikan berkarakter, di antaranya kemandirian. Karena, sesuai dengan ciri masyarakat Sumbar yaitu pejuang dan atau perantau.

“Pendidikan berkarakter yang ada selama ini belum menemukan rohnya, pelajar di SMK ternyata juga penyumbang angka pengangguran, semestinya ia harus siap produktif,” katanya.

Ia juga mengingatkan soal empat pilar unggulan untuk di Sumbar yaitu Sumbar sehat dan cerdas, Sumbar religius dan berbudaya, Sumbar Sejahtera dan Sumbar Berkeadilan,” (Ha/sca)

Hits: 0

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Program Prioritas Wisata Tuai Hasil, Bupati Safaruddin Terima 3 Penghargaan Wisata 2022

27 September 2022 - 11:07 WIB

Ratusan Siswa dan Wali Murid Minta Persamaan Hak di SMAN 1 Padang

26 September 2022 - 20:22 WIB

Komitmen Membangun Daerah, 12 Bupati se Sumbar Teken MoU dengan Semen Padang

26 September 2022 - 20:01 WIB

Unik, Warga Kelurahan Pasar Ambacang Gelar Pemilihan RW Serentak Layaknya Pemilukada

25 September 2022 - 16:26 WIB

Gubernur Mahyeldi Harap Kerjasama Semakin Baik Dengan BPK

23 September 2022 - 15:09 WIB

6 Fraksi DPRD Kritisi Nota Keuangan Walikota Terhadap Ranperda APBD-P TA 2022 dan Ranperda Pengelolaan Keuangan Daerah

22 September 2022 - 18:36 WIB

Trending di Parlemen