Bupati Dharmasraya Lepas Jenazah Wabup Dasril Panin Dt Labuan ke Peristirahatan Terakhir

Dharmasraya | Topsumbar – Masyarakat Kabupaten Dharmasraya berduka, bendera setengah tiang pun dikibarkan untuk memberikan penghormatan terakhir untuk putra terbaik Kabupaten Dharmasraya, Dasril Panin Dt Labuan yang telah meninggal dunia kemarin, Minggu 13 Februari 2022 di Rumah Sakit Achmad Mukhtar Bukittinggi pada pukul 14.00 WIB.

Orang nomor satu di Kabupaten Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan memimpin acara prosesi pelepasan jenazah di halaman kantor Bupati Dharmasraya, Senin (14/02/22) yang disaksikan oleh seluruh pejabat di lingkungan Pemkab Dharmasraya dan seluruh ASN di lingkup Kabupaten Dharmasraya.

Dalam sambutannya, Bupati mengucapkan rasa duka yang mendalam karena telah kehilangan sosok yang sangat ia hormati dan banggakan. Dasril Panin Dt. Labuan telah banyak memberikan sumbangsihnya baik itu pikiran, tenaga ataupun ide-ide cemerlang untuk seluruh masyarakat Kabupaten Dharmasraya umumnya dan Pemkab Dharmasraya khususnya. Sejak ia menjabat sebagai anggota DPR RI sejak tahun 1982.

Bacaan Lainnya

“Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya mengucapkan belasungkawa yang sebesar-besarnya kepada pihak keluarga Pak Dasril Panin Dt. Labuan yang telah pergi menghadap Allah SWT. Beliau adalah seorang sosok orang tua yang sangat penyayang, penyabar dan selalu memberikan semangat dan ide ide yang sangat inovasi sekali untuk membangun Kabupaten Dharmasraya menjadi lebih baik lagi. Beliau selama menjalankan tugasnya sebagai Wakil Bupati Dharmasraya, telah memberikan sumbangsih pemikiran dan ide yang sangat cemerlang. Semoga seluruh dedikasinya untuk Kabupaten Dharmasraya dapat menjadi amal jariah beliau di sana,” ungkap Bupati sambil berurai air mata menahan tanggis dan kesedihan yang sangat dalam.

Bupati juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Dharmasraya untuk dapat membuka maaf atas kesalahan, kehilafan dan kealfaan Dasril Panin Dt. Labuan selama menjabat menjadi Wakil Bupati Dharmasraya.

“Marilah kita berdoa kepada Allah SWT agar beliau dapat ditempatkan di tempat yang paling terbaik. Dan saya harap kepada seluruh yang ada di sini agar dapat membuka pintu maaf yang sebesar-besarnya, atas kesalahan, kealpaan, kehilafan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Dan semoga keluarga yang ditinggalkannya dapat ikhlas atas duka ini,” harap Bupati.

Setelah itu jenazah dimandikan dan di sholatkan di Masjid Babusalam kemudian dibawa ke Rumah Gadang Pulau Punjung untuk mengikuti prosesi adat, selanjutnya jenazah almarhum dibawa ketempat peristirahatan terakhirnya yakni pekuburan belakang rumah almarhum di Pulau Punjung.

Saat proses pemakaman berlangsung, tampak cucu almarhum turun membantu dalam pemakaman, di tempat itu juga nampak Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan melepaskan kepergian almarhum. Disebelah Bupati nampak istri dan anak almarhum Andi Megawarni dan Andi Dagmarbumi Batarisuri.

Juga tampak Kapolres Dharmasraya AKBP Nurhadiansyah SIK, Ketua DPRD Dharmasraya Pariyanto SH, Danramil 03/Pulau Punjung, dan seluruh tokoh masyarakat yang turut serta melepaskan kepergian almarhum Wakil Bupati Dharmasraya Dasril Panin Datuk Labuan.

(Yanti)

Pos terkait