Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Padang Panjang · 14 Feb 2022 22:22 WIB ·

94 Usulan Dibahas di Musrenbang Padang Panjang Timur


 94 Usulan Dibahas di Musrenbang Padang Panjang Timur Perbesar

Padang Panjang | Topsumbar – Sebanyak 94 usulan dibahas saat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT), di Aula Kantor Camat PPT, Senin (14/2/2022). Musrenbang ini dibuka Wakil Wali Kota, Drs. Asrul.

Dilansir dari laman Diskominfo, dalam sambutannya, Wawako Asrul mengatakan, terlaksananya musrenbang kecamatan ini, sebagai tahapan lanjutan dalam proses perencanaan pembangunan Kota Padang Panjang tahun 2023.

“Rencana yang telah disepakati di setiap jenjang musrenbang, mulai dari kelurahan sampai ke kecamatan, akan menjadi usulan pembangunan untuk diteruskan ke tingkat yang lebih tinggi,” ujar Asrul.

Namun, disebutkannya, dalam musrenbang ini juga perlu diingat filterisasi anggaran harus dilakukan. Mengingat kemampuan anggaran yang cenderung berkurang setiap tahunnya. Ini disebabkan turunnya dana transfer dari pemerintah pusat yang dipengaruhi banyak factor, terutama pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Usulan yang dibahas terdiri dari 62 usulan bidang fisik, 14 usulan bidang ekonomi, dan delapan bidang sosial budaya. Serta 10 usulan bidang fisik dari rekapitulasi usulan ke provinsi.

Pada bidang fisik terdapat delapan usulan kategori bangunan, 13 kategori irigasi, 16 kategori drainase, 21 kategori jalan, enam pendaman, dua sanitasi, dan enam usulan untuk kategori trotoar.

Untuk bidang ekonomi, terdapat empat usulan kategori bantuan ekonomi, dan 10 kategori pelatihan ekonomi. Sedangkan untuk bidang sosial budaya, empat usulan kategori pelatihan, satu usulan kesehatan masyarakat, usulan bantuan pendidikan, dan kategori bantuan sosial.

Tema pembangunan Kota Padang Panjang pada tahun 2023 yaitu “Pemulihan Ekonomi dan Peningkatan Sumberdaya Manusia untuk Mewujudkan Padang Panjang yang Bermarwah dan Bermartabat”.

Asrul juga mengatakan usulan-usulan pelaksanaan musrenbang diharapkan benar-benar mencerminkan kebutuhan masyarakat. Bukan sekadar keinginan saja. Serta harus selaras dengan arah kebijakan pembangunan Kota Padang Panjang tahun 2023.

“Semoga musrenbang ini berjalan lancar. Seluruh pihak dan stakeholder yang hadir dapat lebih proaktif untuk berpartisipasi memberikan tanggapan dan masukan yang konstruktif demi tercapainya perencanaan pembangunan yang tepat sasaran,” tuturnya.

Camat PPT, Drs. Asrul yang juga sebagai ketua pelaksana musrenbang PPT dalam sambutannya mengatakan, usulan-usulan yang sudah dibahas ini merupakan usulan yang menurut semua pihak dan masyarakat, sangat penting untuk kemajuan pembangunan Padang Panjang khususnya PPT.

“Kita berharap usulan kita ini bisa diterima demi kemajuan kita bersama. Dan juga demi kesejahteraan masyarakat Kecamatan Padang Panjang Timur,” ucapnya.

Turut hadir Kepala Bappeda, Rusdianto, S.IP, MM, kepala OPD, Anggota DPRD, Kiki Anugerah Dia, SE, lurah se-PPT, ketua LPM kecamatan dan kelurahan se-PPT, anggota Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan, ketua Kerapatan Adat Nagari, fasilitator kelurahan, serta undangan lainnya.

(AL)

Hits: 1

Artikel ini telah dibaca 20 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Ukur Kinerja Jajaran, Kapolres Padang Panjang Pimpin Anev Mingguan

27 September 2022 - 20:34 WIB

Wako Fadly Lantik Kabid Sapras Disporapar Padang Panjang, Syahrinal E Gantikan Agung SP

23 September 2022 - 17:22 WIB

SMP Hikmah Melaju Ke Babak Final Lomba Cerdas Qur’an Padang TV

22 September 2022 - 10:09 WIB

Tertibkan Personil, Si Propam Polres Padang Panjang Gelar Gaktibplin

21 September 2022 - 20:00 WIB

Jalin Sinergitas, Rupajang MoU Dengan Polres Padang Panjang

21 September 2022 - 13:36 WIB

Pansel Pastikan Proses Seleksi KI Berjalan Sesuai Aturan

19 September 2022 - 13:38 WIB

Trending di Padang Panjang