94 Usulan Dibahas di Musrenbang Padang Panjang Timur

Padang Panjang | Topsumbar – Sebanyak 94 usulan dibahas saat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT), di Aula Kantor Camat PPT, Senin (14/2/2022). Musrenbang ini dibuka Wakil Wali Kota, Drs. Asrul.

Dilansir dari laman Diskominfo, dalam sambutannya, Wawako Asrul mengatakan, terlaksananya musrenbang kecamatan ini, sebagai tahapan lanjutan dalam proses perencanaan pembangunan Kota Padang Panjang tahun 2023.

“Rencana yang telah disepakati di setiap jenjang musrenbang, mulai dari kelurahan sampai ke kecamatan, akan menjadi usulan pembangunan untuk diteruskan ke tingkat yang lebih tinggi,” ujar Asrul.

Bacaan Lainnya

Namun, disebutkannya, dalam musrenbang ini juga perlu diingat filterisasi anggaran harus dilakukan. Mengingat kemampuan anggaran yang cenderung berkurang setiap tahunnya. Ini disebabkan turunnya dana transfer dari pemerintah pusat yang dipengaruhi banyak factor, terutama pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Usulan yang dibahas terdiri dari 62 usulan bidang fisik, 14 usulan bidang ekonomi, dan delapan bidang sosial budaya. Serta 10 usulan bidang fisik dari rekapitulasi usulan ke provinsi.

Pada bidang fisik terdapat delapan usulan kategori bangunan, 13 kategori irigasi, 16 kategori drainase, 21 kategori jalan, enam pendaman, dua sanitasi, dan enam usulan untuk kategori trotoar.

Untuk bidang ekonomi, terdapat empat usulan kategori bantuan ekonomi, dan 10 kategori pelatihan ekonomi. Sedangkan untuk bidang sosial budaya, empat usulan kategori pelatihan, satu usulan kesehatan masyarakat, usulan bantuan pendidikan, dan kategori bantuan sosial.

Tema pembangunan Kota Padang Panjang pada tahun 2023 yaitu “Pemulihan Ekonomi dan Peningkatan Sumberdaya Manusia untuk Mewujudkan Padang Panjang yang Bermarwah dan Bermartabat”.

Asrul juga mengatakan usulan-usulan pelaksanaan musrenbang diharapkan benar-benar mencerminkan kebutuhan masyarakat. Bukan sekadar keinginan saja. Serta harus selaras dengan arah kebijakan pembangunan Kota Padang Panjang tahun 2023.

“Semoga musrenbang ini berjalan lancar. Seluruh pihak dan stakeholder yang hadir dapat lebih proaktif untuk berpartisipasi memberikan tanggapan dan masukan yang konstruktif demi tercapainya perencanaan pembangunan yang tepat sasaran,” tuturnya.

Camat PPT, Drs. Asrul yang juga sebagai ketua pelaksana musrenbang PPT dalam sambutannya mengatakan, usulan-usulan yang sudah dibahas ini merupakan usulan yang menurut semua pihak dan masyarakat, sangat penting untuk kemajuan pembangunan Padang Panjang khususnya PPT.

“Kita berharap usulan kita ini bisa diterima demi kemajuan kita bersama. Dan juga demi kesejahteraan masyarakat Kecamatan Padang Panjang Timur,” ucapnya.

Turut hadir Kepala Bappeda, Rusdianto, S.IP, MM, kepala OPD, Anggota DPRD, Kiki Anugerah Dia, SE, lurah se-PPT, ketua LPM kecamatan dan kelurahan se-PPT, anggota Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan, ketua Kerapatan Adat Nagari, fasilitator kelurahan, serta undangan lainnya.

(AL)

Pos terkait