16 Nagari Terima Penghargaan Anugerah Desa Wisata dari Kemenparekraf, Ini Harapan Bupati Sutan Riska

Dharmasraya | Topsumbar – Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengapresiasi dan menyampaikan hal penting serta harapannya ketika penyerahan piagam penghargaan anugerah desa/nagari wisata dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia pada 16 nagari di Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat, Senin (07/02/2022).

”Saat ini saya sangat bangga dengan 16 nagari yang menerima piagam penghargaan anugerah desa wisata dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno melalui Dinas terkait,” ucap Sutan Riska Tuanku Kerajaan.

“Dengan telah menerima piagam penghargaan anugerah desa wisata 2021 ini, saya berharap selanjutnya nagari-nagari yang menjadi binaan Kemenparekraf ini bisa mewujudkan nagari ekonomi mandiri di sektor pariwisata melalui program-program atau ikon-ikon wisatanya, gali lagi dan tingkatkan lagi potensi wisata kita,” ungkap Bupati.

Bacaan Lainnya

Sementara itu Kepala Dinas Budparpora Sutan Muhammad Taufik melalui Kepala Bidang Pariwisatanya Benny Mandala Putra mengatakan dengan telah diterimanya piagam penghargaan anugerah desa wisata dari kemenparekraf, Dinas Budparpora akan terus berupaya lebih maksimal lagi untuk mewujudkan nagari ekonomi mandiri di sektor pariwisata.

”Alhamdulillah dengan telah diterimanya piagam penghargaan anugerah desa wisata oleh 16 nagari ini bisa menjadi pilot projects dan menjadikan nagari-nagari lain untuk turut serta di tahun 2022 ini,” ucap Kabid Pariwisata tersebut.

Beny Mandala menambahkan, tidak hanya nagari yang memiliki ikon wisata alam saja yang bisa ikut, menurut saya wisata bisa diciptakan melalui ide-ide kreatif memanfaatkan lokasi dan lingkungan sekitar kita,” tambahnya.

Wali Nagari Banai Randi Elwarman Rajo Mudo mengatakan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat nagari Banai yang mendukung penuh dan melestarikan objek-objek wisata yang ada di nagari Banai dan juga kepada pihak Pemerintah Daerah.

”Terima kasih pada masyarakat Nagari Banai yang mendukung penuh dan melestarikan objek-objek wisata yang ada di Nagari Banai dan juga kepada pihak Pemerintah Daerah Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan melalui Dinas Budparpora yang telah mendukung Nagari Banai sepenuhnya menjadi Desa Wisata,” ucap Wali Nagari Banai.

“Dengan diakuinya Nagari Banai sebagai desa wisata oleh pihak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kami pemerintah nagari sangat berharap kepada Kemenparekraf melalui Dinas Pariwisata setempat untuk terus melakukan pembinaan berkelanjutan sehingga tujuan dari desa wisata ini terwujud, dan juga memfasilitasi Nagari Banai berupa sarana dan prasana pendukung untuk pengembangan objek-objek wisata yang ada di Nagari Banai,” sambungnya.

16 nagari wisata di Kabupaten Dharmasraya binaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia yang menerima piagam penghargaan Anugerah Desa Wisata 2021 itu yakni Nagari Koto Ranah, Alahan Nan Tigo, Ampalu, Gunung Medan, Tebing Tinggi, Koto Laweh, Sungai Dareh, Lubuk Karak, Sungai Duo, Sitiung, Koto Besar, Banai, Timpeh, Siguntur, Panyubarangan, Gunung Selasih.

Sebelumnya Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan SE, mengatakan dengan telah ditetapkannya nagari-nagari itu sebagai kawasan pengembangan desa wisata, diharapkan dapat menjadi tonggak berikutnya dalam menggali potensi kepariwisataan yang ada di daerah itu.

Menurutnya, pemerintah daerah bersama pihak terkait di berbagai tingkatan terus berupaya mempersiapkan Kabupaten Dharmasraya tak hanya sekadar daerah perlintasan namun bisa berkembang menjadi daerah tujuan, salah satunya adalah dengan mengembangkan daerah itu menjadi kawasan destinasi wisata.

“Persiapan tersebut dapat dilihat dari upaya pemerintah untuk menyambungkan jalan akses menuju pintu tol Trans Sumatera dan pembangunan Masjid Agung Dharmasraya yang juga diproyeksikan kawasannya menjadi pusat kajian Islam serta destinasi wisata religi,” jelasnya.

Selain melengkapi sarana prasarana infrastruktur pendukung, pihaknya juga akan memberdayakan seluruh dinas teknis serta menjalin kemitraan yang baik antara pemerintah, pelaku usaha kepariwisataan, perajin, penggiat serta pihak terkait lainnya.

“Seluruhnya akan bersatu padu dalam mewujudkan visi Kabupaten Dharmasraya yang Maju, Mandiri dan Berbudaya sebagai koridor utama dalam meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat,” tutupnya.

(Yanti)

Pos terkait