Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Sijunjung · 20 Jan 2022 19:19 WIB ·

Bupati Sijunjung Buka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD 2023


 Bupati Sijunjung Buka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD 2023 Perbesar

Sijunjung | Topsumbar — Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si membuka secara resmi forum konsultasi publik rancangan awal RKPD 2023 pada hari Kamis (20/1) di Gedung Pancasila-Muaro Sijunjung.

“Forum konsultasi publik rancangan awal RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) Kabupaten Sijunjung adalah forum strategis bagi seluruh pemangku kepentingan pembangun sesuai undang undang” demikian Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si menyampaikan sambutannya.

Kegiatan ini diikuti oleh 81 orang terdiri dari Wakil Bupatai H. Iraddatillah, S.Pt, Ketua DPRD, Sekretaris DPRD, Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, Sekdakab, Ketua lembaga kemasyarakatan, Kepala OPD, Ketua TP-PKK dan Ketua GOW Kabupaten Sijunjung serta Ketua Perguruan Tinggi dan para Wali Nagari secara virtual di nagarinya masing masing.

Lebih lanjut, Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si yang juga Wakil Sekjen APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) sekaligus bupati millenial ini mengatakan, “forum ini juga sebagai wadah untuk duduk bersama, berdiskusi, merumuskan dan membahas isu-isu aktual pembangunan yang nantinya akan melahirkan berbagai agenda dan program unggulan pembangunan daerah yang akan dilaksanakan, guna menjawab permasalahan pembangunan daerah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sijunjung” tukuknya.

Disampaikan Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si dari periodesasi pelaksanaan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) 2021-2026, kita sudah masuk tahun kedua ditandai dengan penyusunan rancangan awal RKPD tahun 2023.

Lebih lanjut Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si mengungkapkan tahun ini ada tiga pembangunan yang akan kita laksanakan pertama Rumah Sakit Pratama di Kamang Baru, kedua pembebasan tanah untuk membangun stadion olahraga, pengganti Lapangan Bolakaki M. Yamin, ketiga Insya Allah pada peringatan (HJK) Hari Jadi Kabupaten pada 18 Februari 2022 mendatang akan diresmikan berdirinya kampus nasional UNP (Universitas Negeri Padang) Kampus Sijunjung.

“Di kampus ini akan ada beberapa buah fakultas yang banyak mengundang mahasiswa untuk kuliah di Sijunjung ini,” jelas Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si.

Setelah menyampaikan capaian berbagai indikator pembangunan Kabupaten Sijunjung, lebih lanjut Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si menuturkan capaian indikator makro pembangunan yang kita peroleh dan target pembangunan yang belum optimal pada pelaksanaan RPJMD tahun sebelumnya menjadi dasar kita berpijak untuk merumuskan penyusunan rancangan awal RKPD tahun 2023 ini.

Disebutkan Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si untuk meningkatkan capaian indikator makro pembangun maka tema rancangan awal RKPD tahun 2023 adalah ” Peningkatan Kualitas Daya Saing Ekonomi Daerah dan Sumber Daya Manusia Didukung Pelayanan Publik Yang Berkualitas”

Berdasarkan tema pembangun tersebut, maka fokus penggalian isu-isu aktual untuk penyusunan rancangan awal RKPD tahun 2023 dalam forum konsultasi publik itu ada 4 agenda yaitu; 1).Peningkatan ekonomi kerakyatan. 2) Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). 3). Peningkatan kualitas pelayanan publik.4). Peningkatan kualitas dan kuantitas infrastruktur.

“Dari 4 agenda pembangunan 2023 tersebut, akan diimplementasikan dalam 17 program unggulan daerah,” ujar Bupati Sijunjung BennyDwifa Yuswir, SSTP, M.Si.

“Keberhasilan pembangunan yang akan kita laksanakan pada tahun 2023 sangat tergantung dan dipengaruhi oleh kualitas dokumen rancangan awal RKPD Kabupaten Sijunjung tahun 2023 yang kita susun saat ini,” tambah Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si.

“Oleh karena itu, kami berharap semua peserta Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD tahun 2023 baik yang sempat hadir di ruang ini maupun yang memantau melalui media elektronik agar berpartisipasi dalam memberikan masukan dan saran untuk penyempurnaan rancangan RKPD Kabupaten Sijunjung tahun 2023 ini” tutur Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si

Ketua DPRD Sijunjung Bambang Surya Irwan dalam kata sambutan dan penyampaian pokok pokok pikiran Ketua dan anggota DPRD Sijunjung menyatakan, DPRD menyambut baik pelaksanaan Konsultasi Publik Rancangan
Awal RKPD tahun 2023 ini.

Kami berharap RKPD tahun 2023 nantinya secara holistik mampu menyerap serta mewakili semua aspirasi masyarakat di Kabupaten Sijunjung ini.

Penyampaian pokok pokok pikiran DPRD merupakan amanat undang undang dalam perencanaan pembangunan daerah, khususnya penyusunan rancangan awal RKPD untuk penyusunan rancangan RKPD menjadi dokumen Rencanaan Kerja Pemerintah Daerah dalam satu tahun yang nantinya menjadi dasar dalam penyusunan KUA-PPAS APBD kabupaten.

Lebih lanjut Bambang menyampaikan, pokok pokok pikiran DPRD Kabupaten Sijunjung secara umum meliputi bidang Pendidikan, pekerjaan umum, kesehatan, perumahan dan kawasan pemukiman, pertanian, budaya, perhubungan, lingkungan hidup, ketenaga kerjaan, perdagangan, pemberdayaan masyarakat serta bidang pemuda dan olahraga.

Usai shalat zuhur dan makan siang, Konsultasi Publik itu dilanjutkan dengan sesi pemaparan materi tentang Rancangan Awal RKPD tahun 2023 oleh Kepala Bapppeda (Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah) dan pemaparan materi tentang Kebijakan Pengelolaan Keuangan Daerah oleh Kepala BKAD.

Kegiatan ini ditutup dengan penanda tangani Berita Acara Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD tahun 2023 setelah melalui sesi tanya jawab/ diskusi/ saran/ masukan dari peserta Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD tahun 2023. (Gun)

Hits: 1

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Tim UPP Saber Pungli Sosialisasi Di Tanjung Ampalu

21 September 2022 - 07:54 WIB

Hanya Di Sijunjung, Ombudsman Puji Forum Pelayanan Publik

20 September 2022 - 10:16 WIB

Kejurnas Gantole Telemoyo Cup VI Resmi Berakhir

19 September 2022 - 22:02 WIB

Museum Rumah Masa Kecil Ahmad Syafii Maarif Diresmikan

19 September 2022 - 21:36 WIB

Wabup Sijunjung Iraddatillah Serahkan Santunan BPJS Ketenagakerjaan

18 September 2022 - 21:24 WIB

Telemoyo Cup VI, Banten Dan DKI Masih Memimpin

17 September 2022 - 09:40 WIB

Trending di Sijunjung