Pemkab Solok Adakan Lomba Memasak Serba Ikan

Bertempat di Balairung Rumah Dinas Bupati Solok, Arosuka, Rabu (01/12/2021) Bupati Kabupaten Solok, diwakili Asisten koordinator bidang pemerintahan Edisar, SH., M.Hum membuka secara resmi lomba masak serba ikan tingkat Kabupaten Solok.

Kegiatan ini diadakan oleh Dinas perikanan dan pangan Kabupaten Solok, berkerja sama dengan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan).

Kepala Dinas (Kadis) perikanan dan pangan, Admaizon, selaku panitia pelaksana mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk menghasilkan inovasi menu masakan berbahan baku ikan dari seluruh kecamatan serta mempromosikan kekayaan menu masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat.

Bacaan Lainnya

Disamping itu tujuan lainya ialah untuk mendukung upaya peningkatan konsumsi ikan melalui gerakan Memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) dan mendukung tumbuh kembangnya ekonomi kreatif berbaais inovasi masakan/kuliner berbahan baku ikan.

“Selain kegiatan lomba masak serba ikan ini, Dinas perikanan dan pangan bekerja sama dengan forikan Kabupaten Solok memberikan bantuan olahan hasil perikanan kepada Nagari stunting di Kabupaten Solok. Pemberian bantuan ini dalam upaya pencegahan dan penanganan stunting di Kabupaten Solok,” ujarnya.

Sementara itu Asisten koordinator bidang pemerintahan Edisar, SH., M.Hum, mengucapkan terimakasih serta apresiasi kepada seluruh peserta lomba masak serba ikan tingkat Kabupaten Solok.

“Kegiatan ini sebagai wujud partisipasi dalam upaya peningkatan konsumsi ikan di Kabupaten Solok serta memberikan dukungan dan kontribusi atas pelaksanaan pembangunan sumber daya manusia (SDM) dalam meningkatkan kecerdasan masyarakat Kabupaten Solok,” katanya.

Ia menjelaskan, walaupun ketersediaan ikan cukup banyak tetapi tingkat konsumsi ikan masyarakat Kabupaten Solok masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam mengolah ikan serta masakan ikan belum menjadi menu utama dalam keluarga.

“Untuk itu melalui lomba masak serba ikan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan masyarakat dalam mengolah masakan ikan serta mau menjadikan ikan sebagai menu utama dalam keluarga,” harap Edisar.

(Ha)

Pos terkait