Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Padang Panjang · 23 Des 2021 18:46 WIB ·

Pasca Tebing Lonsor, Lubuk Mata Kucing Ditinjau Wako Fadly


 Pasca Tebing Lonsor, Lubuk Mata Kucing Ditinjau Wako Fadly Perbesar

Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano meninjau keadaan Lubuk Mata Kucing pasca longsor akibat guguran tebing, Kamis (23/12).

Guguran tebing terjadi pada Sabtu (18/12) lalu, setelah Kota Padang Panjang diguyur hujan deras. Ini menyebabkan putusnya pipa dari pompa 250 c pada gate valve milik PDAM, serta tiang dan kabel PLN terdorong tanah, bebatuan dan pohon. Agar tidak terjadi korsleting listrik, PLN sudah putuskan arus dari travo.

Saat kejadian, Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kesbangpol langsung turun ke lapangan untuk pembersihan material dan perbaikan.

“Kita langsung menurunkan tim untuk pembersihan dan perbaikan pada lokasi guguran tebing tersebut. PLN lakukan pemutusan listrik sementara, karena tiang dan kabel listrik tersebut juga terdampak terhadap tanah dan batu yang berguguran,” ujarnya Kepala BPBD Kesbangpol, I Putu Venda, S.STP, M.Si.

Melihat kondisi guguran tebing terkini, Wako Fadly meminta kepada dinas terkait untuk segera menangani lokasi tersebut. BPBD Kesbangpol agar membersihkan pohon-pohon yang membahayakan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) agar melakukan retailing wall. Kepada Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) untuk menutup Lubuk Mata Kucing sementara waktu.

“Kami minta OPD terkait agar segera melakukan pembersihan dan perbaikan terhadap lokasi yang terdampak,” tutur Fadly.

Kepala Disporapar, Maiharman menyebutkan, wisata pemandian Lubuk Mata Kucing ini ditutup sementara waktu sampai pembersihan dan perbaikan ini selesai.

“Kita akan terus berkoordinasi dengan BPBD Kesbangpol. Jika perbaikan sudah selesai dan sudah layak pakai, kita akan membuka kembali. Namun sampai 2 Januari 2022 ini, kita akan menutup lokasi wisata ini,” ungkapnya.

(AL/Sn)

Hits: 0

Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Wako Fadly Lantik Kabid Sapras Disporapar Padang Panjang, Syahrinal E Gantikan Agung SP

23 September 2022 - 17:22 WIB

SMP Hikmah Melaju Ke Babak Final Lomba Cerdas Qur’an Padang TV

22 September 2022 - 10:09 WIB

Tertibkan Personil, Si Propam Polres Padang Panjang Gelar Gaktibplin

21 September 2022 - 20:00 WIB

Jalin Sinergitas, Rupajang MoU Dengan Polres Padang Panjang

21 September 2022 - 13:36 WIB

Pansel Pastikan Proses Seleksi KI Berjalan Sesuai Aturan

19 September 2022 - 13:38 WIB

Gempa Tektonik M3, 5 Dirasakan di Bukittinggi

18 September 2022 - 17:03 WIB

Trending di Padang Panjang