Kepala BPS Sumbar Takjub dengan PDIKM Padang Panjang

Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Barat (BPS Sumbar), Herum Herawati takjub dengan keindahan Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM) Kota Padang Panjang.

Herum mengunjungi kota ini untuk memimpin rapat internal pimpinan BPS kabupaten/kota se-Sumbar sejak Rabu (22/11). Ia dan rombongan memilih Kota Padang Panjang sebagai tuan rumah rapat ini karena kota ini terkenal dengan sejarahnya, kebudayaannya, pendidikannya, smart city, kota literasi dan yang paling penting kulinernya.

“Padang Panjang memiliki dokumentasi bersejarah yang tersimpan dalam rumah adat PDIKM ini. Di sini kita bisa melihat foto-foto peninggalan bersejarah. Padang Panjang juga terkenal dengan pendidikannya. Ada Diniyyah Puteri, Thawalib Putra dan Padang Panjang juga memiliki kuliner yang terkenal dengan kelezatannya,” katanya.

Sebagai instansi vertical, tambah Herum, BPS juga bisa menjadi salah satu agen wisata yang akan menginformasikan kekayaan wisata ke berbagai daerah.

Sementara itu, Kepala BPS Padang Panjang, Arius Jonnaidi, SE, ME sangat bangga karena Padang Panjang dipilih menjadi tuan rumah rapat BPS ini.

Tujuan diadakan rapat BPS ini, kata Arius, guna mengevaluasi kegiatan tahun 2021 dan persiapan kegiatan yang akan dilaksanakan di tahun 2022.

Selain mengunjungi PDIKM, rombongan juga mengunjungi Canting Buana, salah satu penghasil batik terbaik di Padang Panjang.

(AL/Cg)

Pos terkait