JMP Terbentuk, Mendorong Terwujudnya Penyiaran Sehat dan Berkualitas di Sumatera Barat

Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumatera Barat membentuk Jurnalis Mitra Penyiaran (JMP) guna mendorong terwujudnya penyiaran sehat dan berkualitas di provinsi Sumatera Barat.

Selain itu, Jurnalis Mitra Penyiaran (JMP) dapat membantu KPID mensosialisasikan migrasi penyiaran analog ke digital. Kesiapan Provinsi Sumatera Barat menuju ASO ini sesuai undang-undang nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja pada 2 November 2020 memberikan angin segar terhadap rencana migrasi penyiaran ke teknologi digital di Indonesia.

Undang-undang tersebut mengamanatkan migrasi penyiaran dari sistem analog ke digital paling lambat dua tahun sejak UU tersebut diberlakukan.

Bacaan Lainnya

Ketua KPID Sumbar Afriendi Sikumbang menjelaskan, guna melakukan sosialisasi migrasi penyiaran analog ke digital dimana siaran analog akan dimatikan dan dilakukan migrasi sistem ke digital (Analog Switch Off) pada 02 November 2022 mendatang.

“Guna melakukan sosialisasi migrasi penyiaran analog ke digital ini kita minta teman-teman jurnalis peduli penyiaran Sumbar bisa bekerjasama nantinya,” ungkapnya.

Ketua JMP Sumatera Barat Al Imran di Padang, Senin (20/12/2021) mengatakan perkumpulan Jurnalis Mitra Penyiaran terdiri dari media cetak dan siber yang selama ini menjadi mitra Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumatera Barat.

“Alhamdulillah, kawan-kawan bersepakat membentuk perkumpulan Jurnalis Mitra Peduli Penyiaran (JMP) Sumbar sebagai wadah berhimpun,” kata dia.

Menurut dia JPM Sumbar memiliki visi mendorong terwujudnya penyiaran sehat dan berkualitas di Sumatera Barat.

“Nanti visi itu kita jabarkan dalam bentu misi dan program kerja dan tentunya melalui mekanisme organisasi yang disepakati seluruh anggota dalam rapat kerja,” kata dia.

Dalam rapat pembentukan organisasi, Al Imran dari Valoranews dipercaya sebagai Ketua didampingi Mario Sofia Nasution sebagai Sekretaris dan Bendahara Hany dari Topsumbar.

Sementara untuk Bidang Advokasi dan Edukasi dipimpim Syawaldi dari Harian Singgalang, untuk Bidang Litbang dan Public Relation dipimpin Zamri Yahya dari BentengSumbar dan Bidang Eksternal dipercayakan kepada Eka Arianto dari Padang Ekspress dan Bidang Internal dipegang oleh Faiz Ul Haq dari Koran Padang.

“Nanti susunan pengurus lengkapnya akan di-SK-kan oleh Ketua KPID Sumbar,” kata dia.

Sementara itu, Ketua KPID Sumbar Afriendi Sikumbang menyambut baik terbentuknya JMP Sumbar.

“Kami tentu menyambut baik lahirnya JMP Sumbar ini. Kami siap memfasilitasi, termasuk audiensi nantinya dengan gubernur dan DPRD,” kata dia. (Ha)

Pos terkait