Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Dharmasraya · 14 Nov 2021 15:58 WIB ·

Kapolda Sumbar Harapkan Dharmasraya Tingkatkan Persentase Vaksinasi


 Kapolda Sumbar Harapkan Dharmasraya Tingkatkan Persentase Vaksinasi Perbesar

Kabupaten Dharmasraya kembali menggelar vaksinasi massal, melalui Gebyar Sumbar Sadar Vaksin (Sumdarsin) di Halaman Kantor Bupati Dharmasraya, Minggu (14/11/2021). Upaya pencapaian vaksinasi Covid-19 kali ini disaksikan oleh Kapolda Sumbar, Irjen Pol Teddy Minahasa, SH. S.Ik.

Kapolda Sumbar, Irjen Pol Teddy Minahasa, SH. S.Ik bersama beberapa Pejabat Utama Polda Sumbar datang berkendara dengan moge dari Kabupaten Sijunjung.

Rombongan Kapolda langsung disambut Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan dengan mengalungkan souvenir khas Dharmasraya batik tanah Liek, kemudian juga disambut polisi kecil binaan Kapolres Dharmasraya.

Saat acara penyambutan berlangsung, terlihat sosok Kapolda yang bersahaja dan bersedia jongkok menerima kalung bunga dari polisi kecil. Kemudian rombongan Kapolda disambut bupati berserta Kapolres memasuki kantor bupati.

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, pada kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih dan mengaku bangga dengan kedatangan Kapolda Sumbar beserta rombongan, untuk menyaksikan langsung Gebyar Sumdarsin di Kabupaten Dharmasraya.

“Semoga kehadiran Bapak Kapolda menjadi motivasi bagi kami pemerintah daerah, Forkopimda dan juga masyarakat dalam meningkatkan capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Dharmasraya,” ujar Bupati.

Di hadapan Kapolda, bupati melaporkan, hingga tanggal 13 November 2021, jumlah masyarakat Dharmasraya yang telah divaksin telah mencapai 90.020 orang untuk dosis 1. Atau sekitar 51,3%, dari total 179.257 orang yang menjadi target sasaran.

Capaian ini, sebut bupati, didukung oleh 17 Fasyankes yang terdiri dari 2 RSUD, 14 Puskesmas dan 1 Klinik Polres. Dengan jumlah vaksinator 105 orang dan 27 orang calon vaksinator (sedang pelatihan).

Pelaksanaan vaksinasi di lapangan, sebut bupati, tentu bukan tanpa kendala. Namun dengan kerjasama semua pihak, ia optimis target vaksinasi dapat tercapai.

“Saya ucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak yang sudah bekerjasama dengan pemerintah daerah hingga ke level nagari, dalam rangka percepatan vaksinasi ini. Dengan kerjasama yang baik, saya yakin target vaksinasi di daerah kita dapat segera tercapai,” katanya.

Menurut Kapolda Sumbar, ada tiga komponen utama yang menentukan suksesnya capaian vaksinasi. Pertama, sebutnya, adalah pengerahan massa. Dalam hal ini bagaimana meningkatkan kesadaran masyarakat agar mau divaksin.

Kemudian kedua, adalah ketersediaan vaksinator. Dan ketiga, ketersediaan vaksin itu sendiri. Dan Ketiga ini harus paralel tersedia, kalau ingin capaiannya bagus.

Pengerahan massa dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mau divaksin, kata Kapolda, tentunya bukan menjadi tanggungjawab sektoral masing-masing instansi. Melainkan menjadi tugas bersama.

“Tadi saya dengar paparan Bupati, Dharmasraya ini punya 11 camat, 52 wali nagari dan 461 kepala jorong. Ini dapat diandalkan menjadi suatu potensi yang besar untuk bisa melakukan pengerahan massa secara maksimal,” katanya.

Ditambah lagi dengan jajaran yang dimiliki oleh Kapolres, Dandim, dan unsur Forkopimda yang lain, dirasa ini potensi yang besar apabila berjalan seirama di lapangan. Berjalan bersama dalam satu konsep, yaitu mencapai target vaksinasi, tambahnya.

Kapolda menyampaikan, saat ini pemerintah menargetkan pada November ini vaksinasi Covid-19 mencapai angka 60%. Di Dharmasraya sekarang sudah lebih 50%. Tentunya dengan sisa warga yang belum divaksin, memerlukan berbagai strategi untuk mengejar target itu.

“Saya kira itu bukan sesuatu yang sulit, apabila seluruh elemen kompak dan solid. Tugas seberat apapun, akan bisa dilaksanakan dengan mudah manakala kita kompak,” katanya.

Ia berharap, Forkopimda di Dharmasraya bisa saling bersinergi dan satu frekuensi hingga jajaran paling bawah, untuk mensukseskan pelaksanaan vaksinasi.

Usai melihat langsung gebyar Sumdarsin Kapolda Sumbar didampingi bupati dan jajaran nya langsung menuju Mako Polres Dharmasraya untuk kegiatan pelepasan bibit ikan nila, panen jamur tiram perdana dan penanaman batang kelor di lingkungan Mako Polres Dharmasraya.

(Yanti)

Hits: 1

Artikel ini telah dibaca 29 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Polres Dharmasraya Kembali Amankan Penyalahgunaan Narkotika Di Sungai Rumbai

21 November 2022 - 16:40 WIB

MTQ XI Kabupaten Dharmasraya Resmi Ditutup, Kecamatan Pulau Punjung Juara Umum

19 November 2022 - 23:51 WIB

Orasi Ilmiah Dihadapan Wisudawan UIN Imam Bonjol, Sutan Riska : Bawa Spirit Perjuangan Tokoh Minangkabau Dalam Kehidupan

19 November 2022 - 18:53 WIB

Pembukaan MTQ Nasional XI Tingkat Kabupaten Dharmasraya Berlangsung Meriah

17 November 2022 - 20:51 WIB

Bupati Sutan Riska, MTQ Nasional ke XI Tingkat Kabupaten Resmi Dibuka

17 November 2022 - 18:50 WIB

Pengurus Besar PGRI Verifikasi usulan Sutan Riska Penghargaan Dwi Praja Nugraha

16 November 2022 - 18:47 WIB

Trending di Dharmasraya