Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Padang Panjang · 10 Nov 2021 16:36 WIB ·

Jadi Narsum Dikta, Wako Fadly Paparkan Keunggulan Padang Panjang di Bidang Digital


 Jadi Narsum Dikta, Wako Fadly Paparkan Keunggulan Padang Panjang di Bidang Digital Perbesar

Menjadi narasumber Diskusi Kota (Dikta) dalam Kegiatan Riset dan Rating Transformasi Digital dan Kota Cerdas Indonesia 2021, Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano memaparkan keunggulan yang dimiliki Kota Padang Panjang melalui Zoom Meeting di Ruangan VIP Balai Kota, Rabu (10/11/2021).

Fadly menyebutkan Padang Panjang memiliki satu inovasi unggulan yang menjadikan data-data dari OPD bisa disinkronisasikan menjadi satu data. Sejalan dengan program Satu Data dari pemerintah pusat.

“Kita memiliki aplikasi Ultimate Daily Activity of Padang Panjang (Udajang). Satu aplikasi yang bisa mengelola informasi resmi, kanal pengaduan, penilaian kerja pemerintah, dan informasi-informasi yang digunakan untuk masyarakat,” ucapnya lagi.

Dalam kegiatan tersebut, Wako Fadly mengatakan, memaksimalkan fungsi digitalisasi membuat semua pekerjaan bisa menjadi lebih efisien. Dengan menciptakan suasana Smart City, Smart Society, dan Smart Government.

“Jika kebijakan Smart City itu ada, tentu akan memberikan kemudahan akses, kemudahan layanan bagi masyarakat. Dengan ini, menjadi kacamata dan mindset besar yang harus kita lakukan dalam pembangunan kota ke depannya,” ujar Fadly.

Diskusi Kota merupakan kegiatan yang dilakukan dalam bentuk agenda talkshow secara daring dengan wali kota/ wakil wali kota yang terlibat dalam Riset dan Rating Transformasi Digital dan Kota Cerdas Indonesia 2021 dengan tujuan untuk mengetahui kondisi kota terkini serta kondisi implementasi Smart City yang dilakukan oleh pemerintah kota terkait.

Riset dan Rating Transformasi Digital dan Kota Cerdas Indonesia 2021 merupakan kegiatan yang diselenggarakan Pusat Inovasi Kota dan Komunitas Cerdas (PIKKC) Institut Teknologi Bandung (ITB), yang bertujuan untuk memotret kesiapan digital kota dan memberikan gambaran yang komprehensif mengenai kondisi dan permasalahan kota. Sehingga dapat dijadikan acuan bagi tata kelola kota di Indonesia.

Kegiatan ini dilaksanakan melalui evaluasi terhadap kota-kota melalui proses identifikasi yang akan berlangsung dua tahap. Pertama adalah self assessment. Tahap selanjutnya yaitu tahap pelengkapan data dan validasi data oleh tim peneliti melalui wawancara dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Turut mendampingi Kepala Bidang e-Government dan Teknologi Informasi Dinas Kominfo, Ario Dian Pratama, ST.

(AL)

Hits: 0

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Penanganan Pasar Koto Baru, Kapolres Padang Panjang Harapkan Keterlibatan Seluruh Pihak Sesuai Tupoksi

5 Oktober 2022 - 15:44 WIB

SMP Hikmah Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Dihadiri Walikota dan Penceramah Dari Universitas Al-Azhar Mesir

4 Oktober 2022 - 15:18 WIB

Jelang Operasi Zebra Singgalang 2022, Ini Himbauan Kasatlantas Polres Padang Panjang

2 Oktober 2022 - 21:19 WIB

Perkumpulan Makrame Kreatif Mandiri Kota Padang Panjang Pamerkan Karya Worshop

1 Oktober 2022 - 22:47 WIB

Pagi Tadi Gempa bumi Dirasakan di Padang Panjang, Ini Analisa BMKG

30 September 2022 - 12:08 WIB

RT 13 Silaing Bawah Dikunjungi Tim Penilai Kampung Pancasila Dari Kodim 0307/Tanah Datar

29 September 2022 - 21:54 WIB

Trending di Padang Panjang