Enam Rumah Warga Terendam Banjir di Sungai Duo Dharmasraya

Usai banjir bandang melanda Nagari Banai, Selasa malam (02/11/2021) banjir juga merendam Nagari Sungai Duo Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya.

Banjir dengan ketinggian air selutut orang dewasa ini mulai masuk ke rumah warga di Jorong Margo Mulyo sekitar pukul 20.00 WIB, akibat debit hujan yang deras air sungai pun ikut meluap hingga merendam enam unit rumah warga.

Anggota TRC BPBD Kabupaten Dharmasraya, Ridho Hidayat mengatakan, meluapnya air ke pemukiman warga di Jorong Margo Mulyo Nagari Sungai Duo disebabkan tempat pembuangan air warga banyak yang tersumbat oleh sampah.

Bacaan Lainnya

“Berdasar data yang telah diperoleh di lapangan warga sangat membutuhkan air bersih, sembako, dan dapur umum. Untuk kerugian saat ini masih dalam proses pengkajian,” katanya pada Topsumbar.

Saat ini TRC BPBD Dharmasraya terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk proses evakusi benjana banjir di Nagari Sungai Duo.

Wali Nagari Sungai Duo, Ali Imran mengatakan bahwa Rabu (03/11/2021) pagi warga Nagari Sungai Duo sudah melakukan goro bersama untuk memutus penyumbat gorong-gorong yang menumpuk.

“Air pagi ini sudah menyusut, kami dari pemerintah nagari sudah melakukan imbauan-imbauan kepada warga untuk tidak membuang sampah ke sungai atau selokan,” katanya.

Selan itu, Wali Nagari juga menjelaskan bahwa perlu normalisasi pengairan, sebab di selokan-selokan warga sudah banyak tumbuhan dan semak yang mengakar.

“Sudah tiga tahun ini kami menganggarkan drainase, karena recofusing jadi terpending terus sampai saat ini, mudah-mudahan 2022 bisa terealisasi,” ungkapnya.

(Yanti)

Pos terkait