DPRD Kota Solok Apresiasi Sosialisasi Pengawasan Pemilu

Ketua DPRD Kota Solok yang diwakili oleh Rusdi Saleh menghadiri sosialisasi Pengawasan Pemilu/ Pemilihan Partisipatif yang diadakan oleh Bawaslu Kota Solok, bertempat di kantor Bawaslu Kota Solok, Kamis (18/11/2021).

Selain sosialisasi, Bawaslu Kota Solok juga membagikan buku Pengawasan Pemilihan Serentak di Kota Solok Tahun 2020 yang diserahkan langsung kepada pemerintah daerah, Ketua DPRD, tokoh masyarakat dan pimpinan partai politik (parpol) se-Kota Solok. Buku tersebut merupakan hasil pengawasan yang telah dilakukan oleh Bawaslu Kota Solok beserta jajaran selama mengawasi tahapan penyelenggaraan Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Kota Solok, yaitu Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solok Tahun 2020.

Selain anggota DPRD Kota Solok acara sosialisasi tersebut turut juga dihadiri oleh Anggota Bawaslu Provinsi Sumatera Barat Elly Yanti, SH, Wali Kota Solok yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Politik, dan Hukum Zulfadli, SH, M.Si, unsur Forkopimda, Ketua KPU Kota Solok, LKAAM dan Bundo Kanduang, beserta perwakilan Partai Politik se-Kota Solok.

Bacaan Lainnya

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi pengawasan Pemilu dan pemilihan partisipatif yang dilaksanakan oleh Bawaslu Kota Solok. Setiap penyelenggaraan pemilu selalu muncul potensi kecurangan yang dapat mempengaruhi hasil pemilu. Kecurangan pemilu dapat muncul dalam berbagai bentuk dalam setiap tahapan pemilu,” ujar Rusdi Saleh dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Rusdi Saleh mengatakan, kecurangan dalam pemilu tidak hanya dalam bentuk janji kampanye melainkan juga dalam berbagai perbuatan yang nyata-nyata dapat secara langsung mempengaruhi hasil pemilu, money politic penggelembungan suara atau jual beli suara, mobilisasi massa.

“Untuk mencegah terjadinya kecurangan dalam setiap tahapan pemilu, peran serta masyarakat dalam pengawasan pemilu sangat diperlukan dalam memastikan terwujudnya pemilu yang bersih, transparan, dan berintegritas dari sisi penyelenggara dan penyelenggaraannya,” tambahnya.

Sebagai Bawaslu yang bertugas untuk melakukan pencegahan, pengawasan, penindakan dan penyelesaian sengketa. Sejauh ini Bawaslu Kota Solok sudah melaksanakan tugasnya dengan maksimal. Untuk itu kepada Bawaslu dan komponen yang terkait dalam pelaksanaan pemilu saya menyampaikan penghargaan dan terima kasih.

Untuk itu, Rusdi Saleh berharap dapat memberikan kesadaran partisipasi masyarakat untuk melakukan pengawasan mengawal proses demokrasi ke arah yang lebih baik, serta memberi pemahaman kepada pemilih pemula. Keterlibatan masyarakat dalam setiap tahapan pemilu menjadi langkah strategis untuk mengawal proses demokrasi sehingga dapat menghasilkan pemimpin yang amanah dan berkualitas,” kata Rusdi Saleh.

Ketua Bawaslu Kota Solok Triati menyampaikan bahwa buku pengawasan tersebut merupakan paparan kinerja dari lembaga yang Ia pimpin dalam mengawasi Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Kota Solok, disamping itu menurutnya penyampaian buku itu juga bentuk pertanggungjawaban kepada pemerintah dan publik terhadap apa yang telah dimandatkan oleh undang-undang.

“Buku ini merupakan hasil kerja pengawasan kita selama menagwasi Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Kota Solok, dan sebagai lembaga negara yang diamanatkan oleh undang-undang tentu kita perlu memberitahukan atau melaporkan kepada Pemerintah dan masyarakat apa yang telah kita kerjakan,” katanya.

Triati juga mengajak kepada seluruh peserta yang hadir untuk bersama-sama dengan Bawaslu untuk meningkatkan partisipatif masyarakat dalam mensukseskan pengawasan Pemilu/Pemilihan di Kota Solok, karena partisipatif masyarakat menjadi salah satu kunci untuk perbaikan kualitas demokrasi.

Senada dengan itu Elly Yanti, Anggota Bawaslu Provinsi Sumatera Barat dalam arahannya dalam kegiatan sosialisasi tersebut menjelaskan bahwa buku ini juga sebagai edukasi demokrasi bagi masyarakat, dan Bawaslu sebagai lembaga yang mengawasi Pemilu atau Pemilihan juga sangat membutuhkan peran aktif masyarakat dalam mengawasi seluruh tahapan penyelenggeraan pesta demokrasi.

“Melalui kegiatan hari ini ia berharap seluruh stakeholder terkait dan masyarakat dapat berpartisipasi dalam mensukseskan pengawasan Pemilu atau Pemilihan di Kota Solok. Karena partisipasi adalah salah satu kunci utama untuk bisa tercapainya Pemilu/Pemilihan yang berintegritas,jujur dan adil. Sehingga jika itu sudah tercapai, maka apa yang dicita-citakan dalam negara yang berdemokrasi dapat tercapai,” pungkas Elly.

(gra)

Pos terkait