Bupati Solok Hadiri Pengukuhan Angku Datuak Rajo Panghulu Nagari Alahan Panjang

Bupati Kabupaten Solok H. Epyardi Asda menghadiri kegiatan pengukuhan gala (gelar) Angku Datuak Rajo Penghulu “Aciak Usnadiar Syarif” yang dilaksanakan di jorong Batu Bagiriak Nagari Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Minggu (14/11/2021)

Adapun perlewatan (malewakan) gala ini sesuai dengan adat di Minangkabau apabila orang sudah di dahulukan selangkah di tinggikan seranting berarti mereka adalah panutan bagi kemenakannya.

Di Nagari Alahan Panjang memiliki 3 payung, setiap payung memiliki 1 penghulunya dan setiap penghulu akan membawahi beberapa suku

Bacaan Lainnya

Saat ini gelar suku yang dilewakan merupakan gala rajo penghulu yang merupakan orang tua dari 3 suku

Orang yang sudah menjadi penghulu wajib dihormati dan apabila dilanggar bahkan ada sanksi adat yang akan di kenakan bagi kamanakan apapun suku nya jika menghina dari pada penghulu tersebut

“Itulah gunanya kita menggelar acara ini supaya orang tau penghulu tersebut,” ujar Bupati Solok pada sambutannya.

Tambahnya ia berharap Niniak mamak haruslah teguh dalam berpendirian, berprinsip dalam bersikap, konsisten dalam bicara, dan bertanggung jawab dalam bertindak.

Niniak mamak bertanggung jawab dan berkewajiban mengurusi dan menjalankan seluk beluk adat, memelihara, mengawasi serta menjaga anggota kaum, suku dan nagarinya.

(Ha)

Pos terkait