Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Padang Panjang · 3 Nov 2021 21:21 WIB ·

BPTB Sumbar Gelar Bimtek Mengolah Bawang Merah Bagi Petani Padang Panjang


 BPTB Sumbar Gelar Bimtek Mengolah Bawang Merah Bagi Petani Padang Panjang Perbesar

Guna mendukung kemajuan usaha pengolahan bawang merah di Kota Padang Panjang, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Barat (Sumbar) adakan Bimbingan Teknis (bimtek) Ragam Produk Olahan Bawang Merah dan Kiat Menembus Pasar di Aula Balai Benih Ikan (BBI), Rabu (3/11/2021).

Kepala BPTP Sumbar, Dr. Rustam, SP, M.Si menyampaikan, saat ini strategi untuk menembus pasar sangat penting. Terlebih untuk komiditi bawang merah, karena komoditi ini harganya sangat fluaktif dibanding komoditi lainnya.

“Sangat perlu bagi kami untuk menyosialisasikan hal ini kepada para petani bawang merah. Supaya nanti para petani dapat mengolah bawang merah dengan berbagai olahan dan dapat menembus harga pasar,” katanya.

Rustam menginginkan agar masyarakat yang mengikuti kegiatan ini benar-benar dapat menggali ilmu dari setiap narasumber. Selain itu kegiatan ini juga dapat membangkitkan ekonomi masyarakat khususnya petani bawang merah.

Sementara itu Tenaga Ahli Komisi IV DPR RI, Abrar mengharapkan, kegiatan ini dapat meningkatkan daya saing sehingga bisa meningkatkan ekonomi.

“Kita tahu bahwa Padang Panjang ini kota kecil dengan lahan yang kecil pula. Untuk itu kita perlu sekali kemajuan dari setiap petaninya. Agar tidak berhenti di situ saja melainkan dapat maju ke depan dengan olahan bawang merah yang menarik,” katanya.

Sedangkan Kadis Pangan dan Pertanian, Ade Nafrita Anas, MP menerangkan, ini peluang baik untuk masyarakat. Saat panen melimpah, bisa terselamatkan dengan diolah menjadi produk olahan yang bernilai ekonomi tinggi.

“Bawang merah tidak hanya dijual bulat-bulat, namun bisa kita olah menjadi bahan lainnya. Kami harap semua peserta yang hadir, dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik,” katanya.

Selama acara, peserta diberikan pengetahuan dan praktek membuat bawang goreng, minyak bawang serta sambal bawang. Olahan bawang tersebut, dapat diolah dengan alat pengolahan sederhana serta proses membuatnya mudah.
Kegiatan diikuti 30 petani bawang Padang Panjang secara langsung dan ratusan orang secara virtual se-Indonesia. Hadir selaku narasumber peneliti BPTP Sumbar, Ir. Kasma Iswari, M.Si dan Ketua Komite Ekonomi Kreatif Provinsi Jambi, Berlian Santosa.

(AL)

Hits: 2

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Wako Fadly Lantik Kabid Sapras Disporapar Padang Panjang, Syahrinal E Gantikan Agung SP

23 September 2022 - 17:22 WIB

SMP Hikmah Melaju Ke Babak Final Lomba Cerdas Qur’an Padang TV

22 September 2022 - 10:09 WIB

Tertibkan Personil, Si Propam Polres Padang Panjang Gelar Gaktibplin

21 September 2022 - 20:00 WIB

Jalin Sinergitas, Rupajang MoU Dengan Polres Padang Panjang

21 September 2022 - 13:36 WIB

Pansel Pastikan Proses Seleksi KI Berjalan Sesuai Aturan

19 September 2022 - 13:38 WIB

Gempa Tektonik M3, 5 Dirasakan di Bukittinggi

18 September 2022 - 17:03 WIB

Trending di Padang Panjang