Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Payakumbuh · 1 Okt 2021 22:43 WIB ·

Berlangsung Khidmat, Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Di Kota Payakumbuh Dipimpin Wako Riza Falepi


 Berlangsung Khidmat, Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Di Kota Payakumbuh Dipimpin Wako Riza Falepi Perbesar

Upacara Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober berlangsung khidmat di Halaman Balai Kota Payakumbuh yang dipimpin Wali Kota Riza Falepi, Jumat (1/10).

Jalannya upacara diawali dengan laporan Komandan Upacara Letnan Dua Czi Kabul Dinar kepada Inspektur Upacara Riza Falepi. Selanjutnya, Inspektur Upacara memimpin peserta mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para Pahlawan Republik Indonesia yang telah gugur.

Kemudian, Riza Falepi membacakan naskah Pancasila. Sementara Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dibacakan oleh Alhamra. Adapun, Ketua DPRD Hamdi Agus membacakan dan menandatangani naskah Ikrar kebangsaan, dan Kepala Kantor Kemenag Kota Payakumbuh Ramza Husmen membacakan doa yang menjadi penutup rangkaian acara.

Kemudian, Korsik diisi oleh Alumni Jurusan Seni Musik Kota Payakumbuh di bawah binaan An Denitral yang juga merupakan Kabid Rehab Rekon BPBD Kota Payakumbuh, peserta upacara unsur TNI-POLRI, ASN, ormas, dan pelajar/mahasiswa.

Usai upacara, Wali Kota Riza Falepi saat diwawancara menyampaikan hal senada dengan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, dimana momentum Hari Kesaktian Pancasila ini sebagai bangsa diberikan kesempatan untuk melakukan refleksi diri.

“Kita mengenal Pancasila sebagai falsafah negara kita. Ideologi bangsa kita. Kita mengenal Pancasila sebagai akar yang menyambung masa lalu dan masa depan kita bersama. Tapi apa arti Pancasila bagi kita dalam kehidupan sehari-hari? Apa makna dari sila-sila Pancasila bagi seorang pemimpin, seorang pekerja, seorang guru, seorang ibu dan seorang anak?” kata Riza.

Riza menyampaikan di masa pandemi seperti sekarang mungkin terasa sulit membayangkan sisi positif dari bencana yang melanda. Karena pandemi ini, secara bersamaan orang-orang mengalami krisis kesehatan, krisis ekonomi, dan krisis pembelajaran.

“Tetapi, di saat sulit seperti ini, sila-sila Pancasila justru terlihat jelas mendarah daging di masyarakat kita. Kalau kita melihat sekeliling kita dengan lebih peka, kita bisa melihat begitu banyak pahlawan Pancasila yang menyalakan lilin-lilin kemanusiaan di lingkungannya masing-masing,” kata Riza.

(Ton)

Hits: 0

Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Efek Kenaikan BBM, Pemko Payakumbuh Helat Rapat Evalusi TPID

28 September 2022 - 22:02 WIB

Innalilllahi, Mantan Wawako Payakumbuh Suwandel Muchtar, Dipanggil Sang Khaliq

28 September 2022 - 16:50 WIB

Wakili Sumatra Barat, SSB Kota Biru Dilepas Pj. Walikota Payakumbuh Berangkat ke Malang

28 September 2022 - 05:43 WIB

Hari Pertama Masuk Kerja, Pj. Wako Rida Ananda Minta ASN Bekerja Berorintasi Hasil

26 September 2022 - 19:58 WIB

Apel Pagi, Dafrul Pasi Ditunjuk Sebagai Plt. Sekda, Ini Pesan Wako Rida Ananda

26 September 2022 - 19:55 WIB

Gubernur Lantik Rida Ananda Sebagai Pj. Walikota Payakumbuh

23 September 2022 - 19:18 WIB

Trending di Payakumbuh