Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Solok · 29 Sep 2021 07:13 WIB ·

Wakili Tanah Garam, Dasawisma Kiwi 1 Dinilai TP-PKK Kota Solok


 Wakili Tanah Garam, Dasawisma Kiwi 1 Dinilai TP-PKK Kota Solok Perbesar

Kelompok Dasawisma Kiwi I, Wisma Solok Nan Indah mewakili Kelurahan Tanah Garam dalam lomba Dasawisma berprestasi tahun 2021 tingkat Kota Solok. Penilaian telah dilakukan oleh Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Solok pada Selasa (28/09).

Kedatangan rombongan tim penilai yang dipimpin Sekretrais TP-PKK Kota Solok, Dra. Suryati disambut oleh Lurah Tanah Garam, Ketua TP-PKK Kecamatan Lubuk Sikarah, Ketua RT 01/RW 5 Tanah Garam serta anggota kelompok Dasawisma Kiwi 1.

Penilaian ini mencakup kelengkapan administrasi, penyampaian ekspose dari Ketua Kelompok Dasawisma Kiwi 1 dan kunjungan lapangan. Dalam ekspose Ketua Kelompok Dasawisma Kiwi 1, Nurmaini, mengatakan bahwa Dasawima Kiwi 1 ikut berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan khususnya mendukung 10 Program Pokok PKK dengan prinsip pemberdayaan dan partisipasi masyarakat.

Nurmaini memaparkan, kegiatan pendukung 10 Program Pokok PKK dilaksanakan oleh anggota Dasawisma Kiwi 1 yaitu, pembinaan pengisian buku 3 dasawisma, wirid dan pengajian, Gerakan Peduli Saudara (GPS), aktivitas koperasi, pemanfaatan pekarangan dengan tanaman obat keluarga di setiap pekarangan rumah.

Sebelumnya, Dra. Suryati dalam sambutannya menyampaikan bahwa Dasawisma merupakan ujung tombak dari 10 Program Pokok PKK. Dasawisma merupakan kelompok PKK terkecil terdiri dari kelompok ibu dari 10 Kepala Keluarga yang melakukan aktivitas bermanfaat bagi kesejahteraan dan ketahanan keluarga.

“Untuk mewujudkan kesejahteraan dan ketangguhan keluarga, dibutuhkan kemauan yang datang dari kelompok masyarakat itu sendiri dengan dukungan dari pemerintah daerah hingga RW dan RT,” katanya.

Tujuan gerakan 10 Program Pokok PKK itu sendiri adalah untuk meningkatkan kesejahteraan serta mewujudkan keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, generasi yang berakhlak mulia, berbudi luhur, sehat, sejahtera, maju dan mandiri, serta adanya kesetaraan dan keadilan gender, kesadaran hukum dan peduli lingkungan.

Dra. Suryati berharap dengan adanya penilaian Dasawisma berprestasi ini, kelompok Dasawisma Kiwi 1 menampilkan apa yang dilakukan setiap harinya bukan hanya karena mengikuti perlombaan saja serta bersiap seandainya terpilih mewakili kota Solok dalam penilaian Dasawisma tingkat Provinsi Sumatera Barat pada tahun 2022.

Setelah ekspose dari Ketua Dasawisma Kiwi 1, dilanjutkan dengan penilaian ke lapangan. Tim Penilai berkunjung ke rumah-rumah anggota Dasawisma Kiwi 1 yang berada di RT 2/RW 5 di Kelurahan Tanah Garam.

(gra)

Hits: 1

Artikel ini telah dibaca 38 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Rang Solok Baralek Gadang 2022 Berakhir, Gubernur Mahyeldi: Tahun Depan Harus Lebih Meriah Lagi

25 September 2022 - 11:56 WIB

25 September 2022 - 11:50 WIB

Event Rang Solok Baralek Gadang Hadirkan Permainan Anak Nagari

23 September 2022 - 12:13 WIB

Semarak Pembukaan Event Rang Solok Baralek Gadang

22 September 2022 - 12:09 WIB

Awali Rangkaian Rang Solok Baralek Gadang, 400 Peserta Kelompok Tani Ikuti Prosesi Batulak Bala

22 September 2022 - 12:02 WIB

Ayo ke Solok, Semarak Rang Solok Baralek Gadang 2022 Dimulai

22 September 2022 - 10:05 WIB

Trending di Solok