Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Payakumbuh · 23 Sep 2021 07:41 WIB ·

Usai Beri Pelatihan Rendo Bangku, Dekranasda Kota Payakumbuh Terus Dorong IKM Kerajinan Berdaya Saing


 Usai Beri Pelatihan Rendo Bangku, Dekranasda Kota Payakumbuh Terus Dorong IKM Kerajinan Berdaya Saing Perbesar

Pelatihan Rendo Bangku yang digelar Dinas Tenaga Kerja Dan Perindustrian Kota Payakumbuh melalui workshop dan diversifikasi bagi pelaku IKM kerajinan se-Kota Payakumbuh selama 5 hari telah selesai digelar dari 13 September 2021 s/d Jumat 17 September 2021, bertempat di aula Kantor Disnakerind.

Telah banyak ilmu keterampilan berkaitan dengan rendo bangku yang diberikan oleh Rita Anggraini selaku instruktur kepada ke sepuluh peserta yang ikut dalam kegiatan ini.

Henny Riza Falepi sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Payakumbuh, Rabu (22/09), mengatakan pihaknya akan terus berupaya melakukan pembinaan, pendampingan, serta pengembangan kepada IKM yang ada di Kota Payakumbuh.

Henny juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Rita Anggraini selaku instruktur rajutan rendo bangku dan semua peserta yang telah mengikuti workshop ini. Dia berharap melalui industri kerajinan, rajutan rendo bangku ini bisa menjadi jalan untuk peningkatan penghasilan secara ekonomi bagi pelaku IKM, di samping menjaga kelestarian tradisi sampai anak cucu nanti.

“Marilah kita kembangkan produk hasil industri kerajinan rajutan ini di Kota Payakumbuh yang berdaya saing dan berbasis sumber daya lokal, serta pertahankan ciri khas kota kita, tonjolkan muatan lokalnya,” ajak Henny.

Sementara itu, Kepala Disnakerin Kota Payakumbuh Yunida Fatwa juga selaku Ketua Harian Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Payakumbuh yang menutup kegiatan tersebut menyampaikan sudah terlihat progres yang luar biasa peningkatannya dari para peserta yang merupakan perwakilan pengrajin dari 10 IKM se-Kota Payakumbuh.

“Disnakerin dan Dekranasda Kota Payakumbuh siap memberikan support dan dukungan penuh kepada seluruh IKM kerajinan agar bisa terus produktif dan berdaya saing. Apalagi salahsatunya rajutan rendo bangku ini termasuk satu kerajinan yang termasuk unik dan langka keberadaannya,” kata Yunida.

Yunida berharap, semoga ilmu dan keahlian yang telah terserap oleh peserta bisa bermanfaat dan berkembang di kemudian harinya.

“Kita sudah melihat dari hasil workshop beberapa hari ini sudah lumayan bagus, sekarang tinggal bagaimana caranya agar hasil dari rajutan itu bernilai dan berdaya saing tinggi,” harapnya.

Sementara itu, instruktur Rita Anggraini mengatakan waktu yang singkat 5 hari itu sangat dimaksimalkan oleh peserta, yang awalnya peserta ini tidak tahu bagaimana cara membuat rajutan rendo bangku ini, sekarang sudah bisa membuatnya, bahkan sudah ada yang hampir sempurna hasil rajutannya.

“Insyaallah nantinya mereka sudah berproduksi. Rajutan rendo bangku di era berkembangnya budaya dan seni sekarang, sudah mulai dilestarikan oleh pemerintah daerah, termasuk di Kota Payakumbuh, untuk itu mari manfaatkan peluang tersebut,” ungkap Rita.

(Ton)

Hits: 0

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Gubernur Lantik Rida Ananda Sebagai Pj. Walikota Payakumbuh

23 September 2022 - 19:18 WIB

Ini Pesan Riza Falepi Pada ASN Saat Apel Terakhir Di Kantor Wali Kota

21 September 2022 - 11:26 WIB

Antisipasi Kesalahan dalam Pengadaan Barang dan Jasa, Pemko Payakumbuh Adakan Pelatihan Kepada ASN

21 September 2022 - 10:24 WIB

Diakhir Masa Jabatan, Henny Riza Falepi Ucapkan Terimakasih Kepada Seluruh Pengurus TP-PKK Kota Payakumbuh

20 September 2022 - 10:59 WIB

Riza Falepi Telah Renovasi 4000 Rumah Tak Layak Huni di Kota Payakumbuh

19 September 2022 - 21:52 WIB

Kado Terakhir Riza Falepi di Akhir Masa Jabatan, Pacuan Kuda Berlangsung Meriah

18 September 2022 - 19:43 WIB

Trending di Payakumbuh