Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Payakumbuh · 23 Sep 2021 06:54 WIB ·

Kelurahan NDB Dinilai Lapangan, Optimis Juara Tahun Ini


 Kelurahan NDB Dinilai Lapangan, Optimis Juara Tahun Ini Perbesar

Penilaian Kelurahan Berprestasi Tingkat Kota Payakumbuh Tahun 2021 memasuki tahapan penilaian lapangan untuk 3 besar. Pada Rabu (22/09) dilakukan di Kelurahan Nunang Daya Bangun, Kecamatan Payakumbuh Barat.

Tim penilai yang datang terdiri dari 3 bidang. Untuk bidang pemerintahan ada Staf Ahli Wali Kota Bidang Pemerintahan Herlina, Hukum dan Politik Elfriza Zaharman, Kabag Pemerintahan Aplimadanar, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Devitra, Kepala Dinas Kominfo Armein Busra, dan Kabag Organisasi David Bachri.

Untuk Bidang Kewilayahan ada Staf Ahli Wali kota Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Elfriza Zaharman, Kepala Dinas Sosial Erwan, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Wal Asri, Kasat Pol PP Junaidi, dan Kepala BPBD Erizon.

Sementara untuk Bidang Kemasyarakatan ada Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh Henny Riza Falepi, Staf Ahli Wali Kota Bidang Kemasyarakatan dan SDM Elvi Jaya, Kepala DP3AP28KB Syahnadel Khairi, Kepala Dinas Kesehatan dr. Bakhrizal, serta Ketua DPD LPM Kota Payakumbuh YB Dt. Parmato Alam.

Menurut Ketua LPM Fahman Rizal, bagi masyarakat Kelurahan Nunang Daya Bangun, menjadi 3 besar dalam penilaian kelurahan di tingkat kota ini merupakan hal yang sangat berarti, karena dibanding dua kelurahan lainnya, tantangan mereka bisa dibilang lebih besar, karena kelurahan ini berada di area kawasan pasar, tentu permasalahan sosial masyarakatnya tidak sekompleks kelurahan lainnya.

“Kultur dan karakteristik masyarakat di NDB beragam, kelurahan yang memiliki masyarakat multi etnis. Terima kasih dan selamat datang kepada tim penilai, kami siap dinilai dan ingin memberikan yang terbaik,” ungkapnya.

Lurah NDB Ari Ashadi menyampaikan apresiasi kepasa dukungan seluruh mayarakat NDB, perbedaan etnis malah membuat kelurahan ini semakin kompak dan bersinergi dalam setiap program yang dibuat lurah bersama jajarannya.

“Melihat semangat masyarakat NDB kali ini, kami seperti melihat orang yang baru bangun dari tidurnya, energi dan partisipasinya sangat luar biasa, apapun yang kita buat dan kita inginkan untuk kepentingan umum, tidak butuh lama merealisasikannya,” papar Lurah.

Sementara itu, oleh Camat Payakumbuh Barat Ul Fakhri, yang menerangkan dirinya mendukung penuh Kelurahan NDB. Dijelaskannya persiapan maksimal, dia melihat upaya yang diberikan oleh lurah serta dukungan masyarakat bersama seluruh stakeholder sangat tinggi.

“Kelurahan berprestasi artinya tampak kalau lurah menggerakkan lembaga-lembaga yang ada melayani masyarakat. Beginilah kondisi ideal sebuah pemerintahan. Bahkan untuk NDB, kelurahan lain di Payakumbuh Barat pun turut membantu dan mendukung,” ungkapnya.

Ul Fakhri juga menyebut nilai jual dari NDB dalam pelayanan ini adalah partisipasi masyarakat dan program pemberdayaan sumber daya manusianya. Dia cukup angkat topi dengan lurah yang mampu menggali potensi-potensi yang ada, apalagi keunggulan NDB dalam penanggulangan Covid-19, mereka punya satgas yang aktif sejak 2020 lalu.

“Apa yang dinilai hari ini di NDB adalah unsur-unsur yang sudah ada bahkan sebelum ikut lomba. Kita berharap ini menjadi motivasi bagi lurah dan masyarakat di kelurahan lainnya. Memajukan daerah tidak cukup oleh sosok satu lurahnya saja, tapi bagaimana kepedulian lapisan masyarakat ikut andil, dan itu bukan hanya dalam momentum ikut lomba saja,” terang mantan Kabag Kesra itu.

Tim penilai Elvi Jaya mengatakan dirinya cukup kagum dengan tingginya antusias masyarakat NDB, cukup terharu dengan kompaknya masyarakat NDB. Dirinya mengatakan hasil penilaian tim penilai tetap objektif karena setiap kelurahan tentu punya potensi unggulan masing-masing.

“Partisipasi masyarakat adalah salah satu indikator yang kami nilai,” ungkapnya.

(Ton)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Lagi, Sentra IKM Rendang Kota Payakumbuh Disambangi Loka POM Bao-Bao

9 Agustus 2022 - 19:15 WIB

Penuhi Standar Bacaan, Ratusan Guru TPQ Payakumbuh Akan Dilatih Seni Membaca Alqur’an

9 Agustus 2022 - 19:05 WIB

Forum Komunitas Peduli Sungai Batang Agam Dikunjungi Tim Penilai Tingkat Nasional, Wako Riza Falepi Apresiasi Kementerian PUPR

8 Agustus 2022 - 17:37 WIB

Wako Riza Falepi Lantik Direktur Operasional Pamtigo Yang Baru

5 Agustus 2022 - 19:29 WIB

Pemko Payakumbuh Dan Kemensos RI Salurkan Bantuan Bagi Warga Disabilitas Terlantar

4 Agustus 2022 - 17:47 WIB

Persiapan ke Tingkat Nasional, Wako Riza Ajak OPD Turun ke Bantaran Sungai Batang Agam

4 Agustus 2022 - 17:40 WIB

Trending di Payakumbuh