Pemko Padang Peroleh Bantuan 10 Ribu Euro dari Jerman untuk Penanganan Sungai Batang Arau

Pemerintah Kota (Pemko) Padang akhirnya memperoleh bantuan dana sebesar 10 ribu Euro atau setara Rp170 juta dari Pemerintah Kota Hildesheim, Jerman.

Bantuan dana 10 ribu Euro itu akan dimanfaatkan ecara optimal untuk pengadaan sarana prasarana penunjang, serta mendukung kegiatan sosialisasi program peningkatan kualitas Sungai Batang Arau ke tengah-tengah masyarakat.

Bantuan tersebut merupakan dukungan dari Pemerintah Provinsi Lower Saxony, Jerman yang diberikan kepada Pemerintah Kota Hildesheim untuk diserahkan kepada Pemko Padang. Tujuannya adalah untuk mendukung upaya peningkatan kualitas air Sungai Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah, atas nama Pemerintah Kota Padang dan juga warga Kota Padang kita berterima kasih dan menyambut baik pemberian bantuan ini. Bantuan ini sangat penting bagi kita yang tengah melakukan peningkatan kualitas air di Sungai Batang Arau,” ungkap wako usai menerima bantuan tersebut secara virtual dari Wali Kota Hildesheim Mr. Ingo Meyer, Kamis malam (17/06/2021).

“Jadi dana 10 ribu Euro ini akan kita gunakan untuk membeli komputer dan perangkat pendukung untuk pemetaan dan menganalisis Sungai Batang Arau menggunakan ‘Geographic Information System (GIS). Selanjutnya untuk pembelian drone, current meter, menggelar pameran foto, membuat video kreatif serta mengadakan beberapa pertemuan forum diskusi dengan pemangku kepentingan terkait.”

Wako juga berharap dan mengajak semua warga Kota Padang untuk senantiasa menjaga kebersihan sungai.

Wako pun membeberkan Pemko Padang saat ini telah kedatangan Ahli Hidrologi, Michell Rohmann dari GIZ-Jerman yang berperan sebagai “integrated expert” membantu program ‘waste management of Batang Arau River’ atau peningkatan manajemen pengelolaan limbah Sungai Batang Arau.

Diketahui saat ini kualitas air Sungai Batang Arau masih dalam kategori kelas empat. Diharapkan melalui sentuhan Michell Rohmann bisa naik ke level dua.

Michell Rohman sendiri telah berada di Kota Padang sejak 28 Maret 2021 lalu, dan akan berada di Kota ‘Bingkuang’ selama lebih kurang dua tahun. Hal ini merupakan tindak lanjut dari bingkai kerja sama ‘sister city’ (kota kembar) yang telah terjalin antara Kota Padang dan Hildesheim, Jerman.

Dalam kegiatan serah terima bantuan itu, juga hadir Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani, Asisten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi, Kepala DLH Padang Mairizon, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Amrizal Rengganis dan Mr. Michell Rohmann.

(Ha)

Pos terkait