Sutan Riska Apresiasi Pelestarian Adat Istiadat di Minangkabau

Bupati Kabupaten Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, memberikan intensif kepada orang-orang yang berkecimpung langsung dengan adat. Yaitu ninik mamak, dubalang, penghulu, dan lainnya yang bertugas menyiarkan adat istiadat Minangkabau kepada masyarakat.

Bupati menyebutkan, para pemangku adat ini memiliki peran yang sangat penting, tidak hanya dalam menjaga kelestarian adat, namun juga dalam ikut mendorong pembangunan.

Hal ini disampaikan oleh Sutan Riska Tuanku Kerajaan saat menghadiri acara pertemuan silaturahmi bersama Raja-raja se-Pagaruyung. Minggu, (04/04/2021).

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah, sejak saya menjabat sebagai Bupati Dharmasraya sampai sekarang ini, seluruh perangkat adat istiadat di Dharmasraya mendapatkan intensif. Hal ini bertujuan agar beliau-beliau yang bertugas mempertahankan kelestarian adat lebih bersemangat dalam menjalankan peran dan fungsinya. Bukan hanya orang orang yang bertugas di pemerintahan saja, akan tetapi mereka juga berhak mendapatkannya. Sehingga adat istiadat dapat sejalan dengan pemerintahan,” ungkap Bupati Sutan Riska.

Bupati juga berharap adat Minangkabau dapat terus dilestarikan, sehingga masyarakat di seluruh nusantara dapat mengetahui bahwa di Sumatera Barat memiliki sesuatu yang berbeda dari daerah daerah yang lain. Oleh karena itu, adat Minangkabau harus terus dipertahankan, dilestarikan, dicintai dan dihargai oleh semua orang.

“Kalau bukan kita yang mempertahankan, siapa lagi, ” pungkas Bupati dengan bersemangat.

(Yanti)

Pos terkait